Kompas TV regional berita daerah

Maksuba Kue Basah Palembang Yang Wajib Ada Saat Lebaran

Kompas.tv - 3 Mei 2021, 00:34 WIB
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Salah satu kue basah Khas Palembang yang dikenal warga adalah Maksuba. Memiliki tektur lembut dengan rasa legit serta manis, kue basah yang satu ini selalu hadir menjadi sajian suasana lebaran.

Warga di Palembang sangat kenal dengan kue basah khas Kota Pempek ini, Maksuba namanya, kue ini selalu jadi buruan untuk dihidangkan saat perayaan hari Raya Idul Fitri.

Pembuat Maksuba menggunakan bahan utama, tepung terigu, 10 butir telur bebek, 15 butir telur ayam, gula pasir, krim kental manis, margarin dan butter.

Gula pasir dan telur diaduk rata, campur tepung terigu dan vanili, aduk lalu disaring. Tambahkan krim kental manis dan mentega cair, aduk kembali hingga rata.

Adonan dituang ke dalam loyang, panggang dalam oven, per satu lapisan waktu panggang tiap lapisan sekitar 10 menit. Proses ini diulang hingga 15 lapis atau sesuai keinginan.

Mendekati lebaran, pemesanan Maksuba makin tinggi, kini sedikitnya mencapai 50 loyang. Peminat kue basah ini juga dari luar Palembang, seperti Lampung dan Jabodetabek.

Kue tahan hingga dua hari dan dapat lebih lama jika disimpan dalam lemari pendingin.

Harganya yang tak murah, dibandrol Rp 250 ribu rupiah per loyang, maksuba dihidangkan saat momen spesial seperti lebaran, Rasa manis dan legitnya menjadi pelengkap kemeriahan suasana lebaran.

#KueBasah #Maksuba #Lebaran



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.