Kompas TV religi beranda islami

Ramadhan Bulan Pendidikan - SAHUR TIME

Kompas.tv - 3 Mei 2021, 03:32 WIB
Penulis : Luthfan

Bulan Ramadhan menjadi bulan tarbiyah (pendidikan) yang artinya semua umat Islam di bulan puasa mendidik diri, anggota badan hingga pikiran untuk menjadi orang yang lebih baik.

Kita juga mulai mengajarkan anak-anak untuk berpuasa ketika usianya sudah memasuki 7-10 tahun. Seperti kita mendidik diri kita sendiri, komitmen anak terhadap puasa dan ibadahnya harus tetap dijaga. 

“Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan pahala, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Al-Bukhari no: 38, 1901; Muslim no: 760, dari hadits Abu Hurairah). 

Di Indonesia, anak-anak sekolah biasanya membuat laporan ibadah sebagai tugasnya saat di bulan Ramadhan. Maka, bulan Ramadhan menjadi tempat untuk melatih kegiatan ibadah selama 1 bulan.

Hendaklah kita bertaubat dan kembali ke jalan Allah dengan melaksanakan perintah-Nya. Perbanyak ibadah, belajar hal baik serta melakukan segala kebaikan di bulan Ramadhan maupun di luar bulan Ramadhan.

Wallahu'alam bis shawab.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.