Kompas TV religi beranda islami

Ramadhan Bulan Pendidikan - SAHUR TIME

Senin, 3 Mei 2021 | 03:32 WIB

Bulan Ramadhan menjadi bulan tarbiyah (pendidikan) yang artinya semua umat Islam di bulan puasa mendidik diri, anggota badan hingga pikiran untuk menjadi orang yang lebih baik.

Kita juga mulai mengajarkan anak-anak untuk berpuasa ketika usianya sudah memasuki 7-10 tahun. Seperti kita mendidik diri kita sendiri, komitmen anak terhadap puasa dan ibadahnya harus tetap dijaga. 

“Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan pahala, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Al-Bukhari no: 38, 1901; Muslim no: 760, dari hadits Abu Hurairah). 

Di Indonesia, anak-anak sekolah biasanya membuat laporan ibadah sebagai tugasnya saat di bulan Ramadhan. Maka, bulan Ramadhan menjadi tempat untuk melatih kegiatan ibadah selama 1 bulan.

Hendaklah kita bertaubat dan kembali ke jalan Allah dengan melaksanakan perintah-Nya. Perbanyak ibadah, belajar hal baik serta melakukan segala kebaikan di bulan Ramadhan maupun di luar bulan Ramadhan.

Wallahu'alam bis shawab.

Penulis : Luthfan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:01
AC MILAN AKAN BERI BAN KAPTEN KEPADA SIMON KJAER KARENA AKSI HEROIKNYA SAAT MENOLONG CHRISTIAN ERIKSEN DI MOMEN KRITIS   WAPRES KOMITE OLIMPIADE INTERNASIONAL (IOC) JOHN COATES TIBA DI JEPANG JELANG OLIMPIADE TOKYO   JEPANG AMANKAN VAKSIN COVID-19 TAMBAHAN UNTUK 20.000 STAF OLIMPIADE DAN PARALIMPIK TOKYO   SEBANYAK 25 ORANG TEWAS AKIBAT LEDAKAN BESAR PIPA GAS DI DEKAT PASAR SAYUR YANG RAMAI DI SHIYAN, TIONGKOK   KOREA SELATAN MULAI MELONGGARKAN PEMBATASAN SOSIAL UNTUK KONSER K-POP   KOMISI VI DPR: RENCANA PENGENAAN TARIF BANK HIMBARA MELALUI MESIN ATM LINK TIDAK AKAN DILANJUTKAN   POLISI AKAN PERIKSA AJUDAN WABUP SANGIHE HELMUD HONTONG SEBAGAI SAKSI ATAS KEMATIAN WABUP DI PESAWAT   PEMUTIHAN DENDA PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA BERAKHIR PADA BULAN INI   KOMPOLNAS MINTA PATROLI RUTIN SETELAH TANGKAP 50 PELAKU PUNGLI DI KAWASAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK, JAKUT   TIGA VARIAN VIRUS KORONA YANG DITEMUKAN DI JAKARTA ASAL INGGRIS, BETA ASAL AFRIKA SELATAN, DAN DELTA ASAL INDIA   KADINKES DKI WIDYASTUTI MENYATAKAN SAAT INI SUDAH DITEMUKAN TIGA VARIAN BARU VIRUS KORONA DI JAKARTA   PT FREEPORT INDONESIA MULAI VAKSINASI COVID-19 UNTUK 38.000 KARYAWAN BESERTA KELUARGA   PEMKAB MADIUN EVAKUASI 89 WARGA DESA BANTENGAN DAN MOJOPURNO YANG POSITIF KORONA KE RSUD DOLOPO   SEBANYAK 89 WARGA DARI 2 DESA DI KECAMATAN WUNGU, MADIUN, POSITIF COVID-19 SETELAH HADIRI HAJATAN PERNIKAHAN