Kompas TV olahraga kompas sport

Lewis Hamilton dari Tim Mercedes AMG Juara Balap Formula 1 GP Portugal

Kompas.tv - 2 Mei 2021, 23:54 WIB
lewis-hamilton-dari-tim-mercedes-amg-juara-balap-formula-1-gp-portugal
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton dari Inggris menyetir mobilnya diikuti oleh pembalap Red Bull Max Verstappen dari Belanda, kanan, pada Grand Prix Formula Satu Portugal di Sirkuit Internasional Algarve dekat Portimao, Portugal, Minggu, 2 Mei 2021. (Sumber: AP Photo/Manu Fernandez)
Penulis : Edwin Shri Bimo

PORTIMAO, KOMPAS.TV - Juara Formula Satu Lewis Hamilton melakukan dua kali overtake untuk bangkit kembali dan memenangi Grand Prix Portugal, yang merupakan kemenangannya ke-97 sepanjang karir F1nya, pada Minggu, (02/05/2021), seperti dilansir Associated Press, Minggu, (02/05/2021). 

Kemenangan Hamilton di GP Portugal itu memperpanjang keunggulan klasemen atas Max Verstappen menjadi delapan poin, dalam upayanya untuk meraih rekor gelar F1 kedelapan.

Lewis Hamilton di GP Portugal ini finis urutan pertama, disusul Max Verstappen di urutan kedua, dan Valterri Bottas yang finis di urutan ketiga.

Pada satu titik Hamilton merosot ke posisi ketiga, tetapi pembalap Mercedes itu dengan cerdik melaju di lap 20 dari 66 lap untuk finis di depan Verstappen dari Red Bull dan rekan setimnya di Mercedes, Valtteri Bottas.

“Itu adalah balapan yang sulit, secara fisik dan mental, untuk menjaga semuanya tetap berjalan,” kata Hamilton. “Ini tepat di batas yang saya miliki. Balapan yang hebat. "

Pembalap Inggris itu memulai dari grid kedua di belakang Bottas, yang mengambil poin bonus untuk lap tercepat. Verstappen mengira dia menetapkan waktu tercepat - pada lap terakhirnya - tetapi itu dihapus karena dia melewati batas lintasan yang melebar.

Baca Juga: Max Verstappen dari tim Red Bull Juara Grand Prix Formula 1 Italia, Hamilton Finish Kedua

Lewis Hamilton dari tim Mercedes-Benz juara Formula 1 GP Portugal, diikuti Max Verstappen dari tim Red Bull, dan Valterri Bottas rekan satu tim Hamilton di urutan ketiga. (Sumber: AP Photo/Manu Fernandez)

"Betulkah? Baik. Itu agak aneh, "kata Verstappen ketika dia diberi tahu tentang keputusan tersebut selama wawancara pasca balapan.

Hamilton dan Verstappen berada di dua teratas dalam tiga balapan, dengan Hamilton memenangkan dua di antaranya menuju ke GP Spanyol hari Minggu depan.

Bottas mengambil posisi start pertama, membatalkan upaya Hamilton untuk mencapai posisi start pertama yang ke-100.

Bottas memulai balapan di posisi pertama, diikuti oleh Hamilton di posisi start kedua dan Verstappen di posisi start ketiga. “Hari ini adalah hari yang sulit, hanya saja kecepatannya tidak sesuai,” kata Bottas.

Mobil pengaman keluar di Lap 2 karena puing-puing di trek saat veteran Kimi Raikkonen kehilangan sayap depan dan menabrak kerikil setelah ban kiri belakang rekan setimnya di Alfa Romeo, Antonio Giovinazzi terpotong.

"Itu adalah kesalahanku," kata Raikkonen. "Aku senang aku tidak merusak bannya," tambah Raikkonen.

Ketika balapan dilanjutkan pada Lap 7, Bottas mengejutkan Hamilton dengan memulai kembali lebih awal dari yang dia duga, sementara Verstappen masuk slipstream Hamilton untuk melewatinya ke posisi kedua.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x