Kompas TV nasional sosial

Jelang Idul Fitri, Bandara Sultan Malikulssaleh Tutup Penerbangan Komersial

Kompas.tv - 3 Mei 2021, 00:30 WIB
jelang-idul-fitri-bandara-sultan-malikulssaleh-tutup-penerbangan-komersial
Bandara Sultan Malikussaleh, Aceh Utara (Sumber: KOMPAS.com/ IWAN BAHAGIA)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

ACEH UTARA, KOMPAS.TV - Jadwal penerbangan komersial di Bandara Sultan Malikulssaleh, Aceh Utara akan ditutup jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Menyusul aturan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI No 13/2021 tentang pengendalian transporasi menjelang momen Lebaran 2021.

Baca Juga: Ini Bus yang Diperbolehkan Beroperasi Selama Periode Mudik Lebaran 2021

Kepala Tata Usaha Bandara Sultan Malikussaleh, Niswan mengatakan penutupan layanan penerbangan dari dan menuju ke Bandara Kuala Namu, Medan akan berlaku mulai 6 hingga 17 Mei 2021.

“Nanti penerbangan komersial terakhir Wings Air, Selasa 4 Mei 2021. Setelah itu, kita tidak ada lagi penerbangan komersial," ujarnya, Minggu (2/4/2021).

Baca Juga: Jokowi Minta Gubernur-Bupati Tegas Larang Warga Mudik, Keselamatan Bersama Prioritas Utama

Sebagai maskapai yang melayani rute tersebut, Niswan menambahkan, Wings Air telah mengirimkan surat yang menyatakan bahwa mereka tidak akan terbang untuk pada 6-17 Mei 2021.

Menurut Niswan, kebijakan itu diambil sesuai pemerintah pusat untuk melarang mudik Lebaran tahun ini yang jatuh pada 13 Mei 2021.

Baca Juga: Pandemi Plus Larangan Mudik Membuat PO di Terminal Pulo Gebang 'Gigit Jari'

Sedangkan seluruh staf akan tetap berkantor seperti biasa, meski hingga saat ini tidak ada jadwal penerbangan kargo atau militer di bandara itu.

"Kalau komersial memang sudah vakum dulu. Setelah Lebaran nanti kita lihat aturan barunya dari kementerian perhubungan,” ujar Niswan.

Baca Juga: Pemerintah Perbolehkan Mudik Lokal di 8 Wilayah Ini

Adapun, sepekan terakhir, pesawat ATR degan kapasitas 72 tempat duduk yang melayani rute Bandara Malikussaleh–Bandara Kualanamu selalu penuh.

“Mungkin warga pulang lebih dulu sebelum larangan mudik diberlakukan. Maka sepekan ini penuh selalu pesawat kita,” imbuh Niswan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x