Kompas TV nasional peristiwa

6 KKB Masih Aktif Tebar Teror, Kapolda Papua: Kami akan Tangkap kalau Melawan akan Kami Lumpuhkan

Kompas.tv - 2 Mei 2021, 20:17 WIB
6-kkb-masih-aktif-tebar-teror-kapolda-papua-kami-akan-tangkap-kalau-melawan-akan-kami-lumpuhkan
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengatakan sumber pendanaan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berasal dai tambang-tambang emas ilegal di Papua. (Sumber: KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI)
Penulis : Fadhilah

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua, Irjen Mathius D Fakhiri, menyebut ada enam

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) hingga saat ini masih aktif melakukan kekerasan bersenjata yang akhirnya menjadi teror bagi masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua, Irjen Mathius D Fakhiri. Menurutnya, setidaknya ada enam KKB yang aktif menebar teror.

"Dari kepolisian, dari yang sudah kita petakan, sebenarnya kelompok ini adalah kelompok yang besar, tapi yang aktif ada enam kelompok di Puncak, Intan Jaya, dan Nduga," ujarnya seperti dikutip dari Kompas.com, Minggu (2/5/2021).

Baca Juga: Pasukan Denjaka Disebut Telah Tiba di Papua untuk Tumpas KKB, Ini Kata Marinir dan TNI AL

Fakhiri menuturkan, pada 2021, KKB pimpinan Lekagak Telenggen menjadi kelompok yang paling aktif membuat aksi kekerasan di Kabupaten Puncak.

Kemudian KKB Pimpinan Sabinus Waker pada 2020 sangat meresahkan di Intan Jaya.

Selain itu, Fakhiri menyebut ada juga kelompok baru yang merupakan bagian dari kelompok Lekagak Telenggen yang mulai aktif melakukan teror.

"Ada kelompok Lekagak Telenggen, Militer Murib, Sabinus Waker, ada kelompok Paniai, ada kelompok Ndugama Egianus Kogoya, dan ada sempalan-sempalan kelompok Lekagak yang sudah muncul," kata dia.

Ada yang Sudah Tak Aktif

Selain enam kelompok tersebut, Fakhiri mengungkap sudah ada beberapa KKB yang sudah tidak aktif.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x