Kompas TV internasional kompas dunia

Gerak Serempak Tari Saman Meriahkan UNESCO International Dance Day di Selandia Baru

Minggu, 2 Mei 2021 | 19:38 WIB
gerak-serempak-tari-saman-meriahkan-unesco-international-dance-day-di-selandia-baru
Sanggar tari Caraka Seni menampilkan tari Saman di UNESCO International Dance Day di Museum Te Papa Tongarewa, Wellington, Selandia Baru, Minggu (2/5/2021) (Sumber: Dewi Yahya)

WELLINGTON, KOMPAS.TV - Di Te Papa Tongarewa, Museum terbesar di Selandia Baru, tari Saman asal Aceh menggema dan memukau ratusan penonton.

My Goodness, amazing!” seorang penonton berdecak kagum ketika melihat 15 penari saman asal Indonesia bergerak cepat dan serempak.

Bagi warga Selandia Baru, menyaksikan tari Saman merupakan pengalaman baru yang tidak bisa disaksikan setiap hari. Namun pada Minggu (2/5/2021), warga Selandia Baru berkesempatan menyaksikan keindahan gerak tari saman di UNESCO International Dance Day, yang menampilkan beraneka tari dari berbagai negara.

Bagi Indonesia, ajang ini merupakan kesempatan untuk melakukan promosi budaya melalui gerak tari. Adalah grup tari Caraka Seni, yang aktif mempromosikan tari Indonesia di Selandia Baru sejak 10 tahun lalu.

Hampir setiap tahun, Caraka Seni membawakan berbagai tari tradisional Indonesia di UNESCO International Dance Day.

Baca Juga: Dunia Masih Terisolasi Covid-19, Selandia Baru Sudah Adakan Konser 50.000 Penonton Tanpa Jaga Jarak!

“Kita sebagai orang Indonesia sore ini benar-benar dibuat bangga oleh Caraka Seni. Mereka tampil begitu rapi dan dinamis,” ujar Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya yang hadir bersama istri untuk memberikan dukungan.

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:19
PENYELENGGARAAN TURNAMEN PIALA WALI KOTA SOLO 2021 DIUNDUR KE 27 JUNI 2021 KARENA TINGGINYA KASUS COVID-19   PELATIH TIMNAS JERMAN AKAN BENAHI MASALAH PENAMPILAN TIMNYA SETELAH KALAH MELAWAN PERANCIS DI EURO 2020   PETENIS NOVAK DJOKOVIC AKAN BERMAIN DI NOMOR GANDA DALAM TURNAMEN PEMANASAN WIMBLEDON LAPANGAN RUMP   PRESIDEN AS JOE BIDEN CALONKAN BANKIR WALL STREET THOMAS NIDES SEBAGAI DUTA BESAR AS UNTUK ISRAEL   PASAR UMUM BLAHBATUH DI GIANYAR, BALI, HANGUS TERBAKAR   KEPALA STAF KEPRESIDENAN MOELDOKO: KAMI AKAN KAWAL PROSES PEMULIHAN PARIWISATA DI BALI   KEMENTERIAN PUPR TARGETKAN JALAN TOL MANADO BITUNG SEKSI 2B RUAS DANOWUDU-BITUNG RAMPUNG PADA AGUSTUS 2021   TINGKAT KETERISIAN TEMPAT TIDUR DI 3 RS RUJUKAN DI TEGAL MENCAPAI 82%   PEMKAB BOGOR SIAGAKAN SATPOL PP DI TIAP DESA DAN KELURAHAN GUNA TEKAN LAJU KENAIKAN KASUS COVID-19   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD PASTIKAN PEMERINTAH TERBUKA DENGAN MASUKAN SAAT MENYUSUN OMNIBUS LAW ELEKTRONIK   KEMENPAN DAN RB: SURAT PENGANGKATAN TENAGA HONORER MENJADI PNS ADALAH SURAT PALSU (HOAKS)   KOMISI X DPR SETUJUI ANGGARAN KEMENPORA RP 1,9 TRILIUN UNTUK 2022   MENKEU SRI MULYANI MEWASPADAI DAMPAK PENYEBARAN VARIAN BARU COVID-19 KE EKONOMI   MENTERI ERICK THOHIR TARGETKAN BUMN SETOR DIVIDEN RP 35 TRILIUN PADA TAHUN INI