Kompas TV video cerita indonesia

Bawa Uang 2 Miliar Tanpa Dokumen dan Pengawalan, Mobil Box Diamankan Polisi

Kompas.tv - 2 Mei 2021, 18:49 WIB
Penulis : Aryo bimo

NGAWI, KOMPAS.TV - Petugas gabungan terpaksa menghentikan sebuah mobil box yang membawa uang 2,1 miliar rupiah di exit tol Ngawi, Jawa Timur.

Peristiwa ini terjadi saat operasi penyekatan pemudik yang digelar oleh personel Kepolisian Resor (Polres) Ngawi, jumat (30/4/2021).

Pasalnya, sang sopir membawa uang tunai 2,1 miliar rupiah tanpa dokumen dan pengawalan petugas Kepolisian.

Momen tersebut terekam dalam video yang diambil oleh salah satu personel Patroli Jalan Raya (PJR) Polres Ngawi.

Mobil box pembawa uang itu dikemudikan oleh Edy Sukamto, 35 tahun, warga Malang, Jawa Timur. Edy mengaku disuruh majikannya untuk mengambil uang ke Bandung, Jawa Barat.

Uang tunai sebesar 2,1 milyar rupiah itu terbagi dalam beberapa pecahan, yakni uang pecahan 5, 10, 20, 50, dan 100 ribu rupiah. Tumpukan uang itu terlihat hanya dibungkus plastik dan ditutupi dengan terpal.

Saat itu juga petugas langsung membawa mobil box berisi uang 2,1 milyar rupiah, berikut pengemudinya ke Mapolres Ngawi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Hasil pemeriksaan menunjukkan, uang pecahan dalam jumlah besar tersebut ternyata milik seorang jasa penukaran uang pecahan di Magetan dan Sidoarjo.

Setelah dokumennya terpenuhi, mobil box yang membawa uang tersebut akhirnya diperbolehkan melanjutkan perjalanan ke Maospati, Magetan, dengan pengawalan dari petugas Polres Ngawi.

Video Editor: Agung Ramdani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x