Kompas TV nasional kesehatan

Kenali Gejala Epilepsi dan Juga Penanganannya

Kompas.tv - 2 Mei 2021, 17:34 WIB
Penulis : Natasha Ancely

JAKARTA, KOMPASTV - Epilepsi merupakan gangguan kesehatan yang menyerang sistem syaraf pusat, akibat pola aktifitas listrik yang abnormal.

Gangguan kesehatan ini dapat terjadi pada siapapun, dan kerap berulang. Biasanya epilepsi bermula sejak usia anak-anak.

Melansir dari Kompas.com, gejala epilepsi dapat terjadi dengan tanda tanda yang khas. Diantaranya adalah kebingungan sementara.

Tatapan mata yang kosong, gerakan menyentak tak terkendali pada lengan dan kaki, hilangnya kesadaran, dan gejala psikis lain, seperti takut dan cemas.

Apabila gejala mulai dialami, baiknya gangguan syaraf ini segera diperiksakan kerumah sakit. Sebagian masyarakat awam saat ini, masih ada yang menganggap epilepsi merupakan penyakit menular.

Padahal epilepsi merupakan penyakit yang tidak menular. Pemicu epilepsi sendiri, ditengarai dipengaruhi dari faktor genetika.

Namun terdapat beberapa faktor lain yang dapat memicu terjadinya epilepsi.

Diantaranya adalah cedera otak traumatis, cedera otak pada jaringan parut, demam tinggi, stroke diatas usia 35 tahun, penyakit pembuluh darah, kekurangan oksigen pada otak, tumor atau kista pada otak, dimensia atau alzheimer, penggunaan obat tertentu, cedera parental, malformasi otak, kekurangan oksigen saat lahir, penyakit neurologis lainya.

Lalu bagaimana cara menangani gejala epilepsi dan bagaimana cara menyembuhkannya? Temukan jawabannya, di Ayo Sehat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x