Kompas TV internasional kompas dunia

Telah Tiba di India, Kiriman Pertama Vaksin Covid-19 Sputnik V Buatan Rusia

Kompas.tv - 2 Mei 2021, 19:00 WIB
telah-tiba-di-india-kiriman-pertama-vaksin-covid-19-sputnik-v-buatan-rusia
150.000 dosis vaksin Covid-19 Sputnik V dari Rusia tiba di India hari Sabtu, 01 Mei 2021. Jutaan dosis lainnya akan menyusul beberapa waktu ke depan. (Sumber: India Central Board of Indirect Taxes and Customs/Twitter)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

NEW DELHI, KOMPAS.TV - India pada Sabtu (01/05/2021) menerima pengiriman pertama vaksin Covid-19 buatan Rusia, Sputnik V.

Hal ini diungkap para pejabat kesehatan India seperti dilansir Xinhua, Minggu (2/5/2021).

"Vaksin Sputnik V tiba di Hyderabad dari Rusia, akan menambah 'persenjataan' India untuk memerangi pandemi. Opsi ketiga ini akan meningkatkan kapasitas vaksin kami dan mempercepat kampanye vaksinasi kami," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri India Arindam Bagchi dalam pernyataan singkat.

Arindam juga membagikan foto-foto kiriman vaksin yang diabadikan di bandara.

"Ini merupakan pengiriman pertama yang terdiri dari 150.000 dosis vaksin Sputnik V dengan jutaan dosis lainnya akan menyusul," kata Bagchi.

Baca Juga: India akan Menerima Kiriman Pertama Vaksin Covid-19 Sputnik V dari Rusia

Seorang perawat menunjukkan vaksin Sputnik V COVID-19 Rusia, Rabu, 3 Februari 2021 di Algiers. Aljazair telah memulai kampanye vaksinasi melawan pandemi virus Corona Sabtu lalu, menggunakan vaksin Sputnik V. Rusia. (Sumber: AP Photo/Fateh Guidoum)

Sejumlah laporan menyebutkan, vaksin tersebut akan diangkut ke perusahaan farmasi Dr Reddy's Laboratories di Hyderabad, yang bekerja sama dengan Dana Investasi Langsung Rusia (Russian Direct Investment Fund/RDIF) untuk memproduksi Sputnik V di India.

Sementara itu, pihak Dr Reddy's mengatakan peluncuran Sputnik V akan menjalani prosedur perizinan yang diperlukan.

Sputnik V akan menjadi vaksin Covid-19 ketiga di India setelah Covaxin dan Covishield.

Vaksin tersebut tiba saat gelombang kedua Covid-19 merajalela di India dan penambahan kasus harian mencetak rekor baru setiap harinya.

Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga India pada Sabtu pagi waktu setempat mengatakan 401.993 kasus baru Covid-19 dan 3.523 kematian terkait dilaporkan dalam kurun waktu 24 jam terakhir di seluruh penjuru negara tersebut. 

Baca Juga: India dan 5 Negara Lain Kembali Terapkan Lockdown

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x