Kompas TV regional sosial

Hardiknas, Anies Baswedan Ingatkan Pendidikan Adalah Kunci Mengubah Nasib Pribadi dan Bangsa

Kompas.tv - 2 Mei 2021, 16:27 WIB
hardiknas-anies-baswedan-ingatkan-pendidikan-adalah-kunci-mengubah-nasib-pribadi-dan-bangsa
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberikan sambutan pada Peringatan Hari Pendidikan nasional (Hardiknas) 2021), Minggu (2/5/2021). (Sumber: YouTube Radio Dinas Pendidikan DKI Jakarta)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA. KOMPAS.TV – Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyelenggarakan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021 yang dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Minggu (2/5/2021).

Peringatan Hardiknas dengan tema Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar itu juga disiarkan langsung melalui saluran YouTube Radio Dinas Pendidikan Jakarta.

Dalam acara tersebut, Anies memberikan sambutan dengan mengajak seluruh yang hadir secara langsung atau melalui daring untuk mengingat kembali akan pentingnya pendidikan bagi setiap insan manusia.

“Kita diingatkan tentang pentingnya pendidikan, pentingnya mencerdaskan kehidupan bangsa. Inilah kunci satu-satunya untuk bisa mengubah nasib pribadi, maupun nasib kolektif bangsa,” kata Anies.

Baca Juga: Hardiknas 2021, Nadiem Makarim Ingin Pelajar Berpegang Teguh pada Falsafah Pancasila

Anies menerangkan pendidikan menjadi kesempatan bagi seluruh rakyat untuk meraih masa depan yang lebih baik dan bisa berkontribusi yang lebih besar untuk kehidupan.

“Tugas kita sekarang memastikan bahwa kita semua mendapat kesempatan yang sama untuk bisa terdidik, untuk bisa maju, untuk bisa, bukan hanya saja meraih cita-cita tetapi juga melampaui cita-cita,” jelas Mantan Menteri Pendidikan itu.

Mengusung tema Serentak Bersama Wujudkan Merdeka Belajar, Anies menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta akan mengajak berbagai pihak bekerja sama agar masyarakat bisa memperoleh akses pendidikan yang setara dan merata.

Menurut Anies, Jakarta adalah tempat peraduan orang-orang berpendidikan dari seluruh Indonesia, dalam hal berkontribusi dan meraih hidup yang lebih baik.

Maka dari itu, Anies memastikan warga yang asli tinggal di Jakarta juga bisa memiliki kesempatan yang sama melalui pendidikan.

“Kita ingin memastikan bahwa yang menjadi warga di Jakarta mendapat kesempatan yang setara untuk meraih masa depan yang lebih baik."

“Berbagai kebijakan disusun untuk menyetarakan kesempatan dalam meraih pendidikan. Artinya memberikan peluang yang setara kepada semua. Yang dulunya untuk mendapat akses kesempatan pendidikan yang berkualitas terbatas kini disamakan, tidak dikurangi, tidak ditambahkan,” ungkap Anies.

Baca Juga: 3 Pesan Menyentuh Nadiem Makarim di Hardiknas 2020

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x