Kompas TV klik360 cerita indonesia

Gibran Keliling Toko Minta Maaf dan Kembalikan Duit Pungli Berkedok Zakat

Minggu, 2 Mei 2021 | 16:34 WIB

SOLO, KOMPAS.TV – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berkeliling ke sejumlah toko di kawasan pertokoan di Coyudan untuk mengembalikan duit pungli yang diduga dilakukan oleh Lurah Gajahan dan petugas Linmas.

Gibran bersama dengan Camat Pasar Kliwon mengembalikan uang tersebut kepada para pemilik toko yang menjadi korban pungli.

Gibran juga meminta maaf kepada para pemilik toko atas peristiwa ini.

Gibran meminta agar pemilik toko berani melaporkan jika ada pungli seperti ini lagi.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membebastugaskan alias mencopot pihak-pihak yang diduga terlibat dalam praktik pungli berkedok zakat di Solo, termasuk salah satunya Lurah Gajahan berinisial S.

“Jangan mengatasnamakan tradisi, kita itu ASN di kota Solo harus membiasakan yang benar, bukan membenarkan yang sudah biasa,” kata Gibran ketika dimintai komentar mengenai kasus dugaan praktik pungli berkedok zakat ini.

Gibran mengatakan secara jelas pihak tersebut melanggar peraturan. Ia mengatakan kasus ini pun membuat warga Solo tidak nyaman.

“Tertulis jelas sodakoh atau fitrah, itu salah makanya ini kita langsung bebas tugaskan, tidak mau lama-lama karena bikin warga tidak nyaman,” kata Gibran.

Video Editor: Vila Randita

Penulis : Sadryna Evanalia





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:11
KEMENKES: VAKSIN COVID-19 PROGRAM VAKSINASI PEMERINTAH TAK BISA DIGUNAKAN UNTUK VAKSINASI GOTONG ROYONG   LEMBAGA BIOLOGI MOLEKULER EIJKMAN: UJI KLINIS VAKSIN MERAH PUTIH DAPAT DILAKUKAN PALING LAMBAT AWAL 2022   MENPAN RB TJAHJO KUMOLO IMBAU INSTANSI PEMERINTAH GELAR APEL SETIAP SENIN PAGI   KEMENTERIAN PPPA DORONG PEMDA SEDIAKAN LAYANAN KASUS KEKERASAN DAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG   PEMKAB BEKASI TAMBAH 2 HOTEL ISOLASI TERPUSAT PASIEN COVID-19 TANPA GEJALA DAN BERGEJALA RINGAN   WAPRES: PENANGGULANGAN RADIKALISME SAAT INI MENGHADAPI TANTANGAN GLOBALISASI DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI   WAPRES MA'RUF AMIN TEGASKAN TAK ADA AGAMA APA PUN YANG AJARKAN TINDAKAN TERORISME DAN EKSTREMISME   POTENSI RADIKALISME TURUN, WAPRES MA'RUF AMIN INGATKAN SELURUH PIHAK TAK BERPUAS DIRI   POLRI TANGKAP 217 TERSANGKA TERORISME SEJAK JANUARI-MEI 2021    PT BIO FARMA YAKIN INDONESIA BISA DAPAT 400 JUTA DOSIS VAKSIN BERBAGAI MEREK PADA AKHIR TAHUN INI   PRESIDEN: SAYA BERHARAP SEMUA DAERAH BISA MENINGKATKAN VAKSINASI COVID-19 AGAR MAMPU MENCAPAI "HERD IMMUNITY"    PRESIDEN JOKOWI TARGETKAN VAKSINASI COVID-19 CAPAI 1 JUTA SUNTIKAN PER HARI MULAI JULI 2021   POLRI UNGKAP 19.229 KASUS NARKOBA SEPANJANG 2021   POLRI TERAPKAN 15 APLIKASI PELAYANAN PUBLIK, KAPOLRI: MENGAKSES PELAYANAN POLRI SEMUDAH MEMESAN PIZZA