Kompas TV nasional sosial

Hardiknas 2021, Nadiem Makarim Ingin Pelajar Berpegang Teguh pada Falsafah Pancasila

Kompas.tv - 2 Mei 2021, 14:47 WIB
hardiknas-2021-nadiem-makarim-ingin-pelajar-berpegang-teguh-pada-falsafah-pancasila
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Nadiem Makarim memberikan sambutan dalam upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang digelar secara virtual hari ini Minggu, 2 Mei 2021.

Nadiem mengatakan, peringatan Hari Pendidikan Nasional adalah momentum untuk merefleksikan kembali apa yang sudah dikerjakan dengan baik dan apa saja yang perlu diperbaiki dalam sistem pendidikan di Indonesia.

Lembaran baru pendidikan Indonesia berarti transformasi. Yaitu transformasi yang tetap bersandar pada sejarah bangsa, dan juga keberanian menciptakan sejarah baru yang gemilang,

“Saya ingin, anak-anak Indonesia menjadi pelajar yang menggenggam teguh falsafah Pancasila, pelajar yang merdeka sepanjang hayatnya, dan pelajar yang mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri,” kata Nadiem.

Baca juga: Dilantik Jadi Mendikbud-Ristek, Nadiem Makarim: Bismillah Mengemban Amanah Baru

Maka dari itu, pihaknya akan terus melakukan upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dengan transformasi melalui terobosan merdeka belajar.

Nadiem menyebutkan, Kemendikbud Ristek bersama berbagai elemen masyarakat, terus melakukan upaya untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia.

Pertama, perbaikan pada infrastruktur dan teknologi. Kedua perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian ekonomi lebih bagi satuan pendidikan. Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat dan budaya. Keempat, perbaikan kurikulum, pedalogi, dan asasemen.

“Sejak saya menjabat dengan sampai saat ini, termasuk pada masa pandemi, sepuluh episode Merdeka Belajar telah diluncurkan dan akan masih banyak lagi terobosan-terobosan Merdekan Belajar yang akan kita lakukan,” kata Nadiem.

Nadiem berharap pendidikan di Indonesia tidak hanya berjalan di tempat, tetapi dapat berubah menjadi lompatan-lompatan kemajuan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.