Kompas TV nasional agama

Baznas Tetapkan Nisab Zakat Penghasilan 2021, Ini Besarannya

Minggu, 2 Mei 2021 | 10:30 WIB
baznas-tetapkan-nisab-zakat-penghasilan-2021-ini-besarannya
Ilustrasi zakat (Sumber: islamichelp.org.uk)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menetapkan aturan untuk besaran zakat penghasilan bagi si wajib zakat. Dibuatnya standar nisab atau batas harta wajib zakat penghasilan atau pendapatan tahun 2021 ini diharapkan membuat masyarakat tak lagi bingung saat hendak membayar zakat penghasilan.

Direktur Utama Baznas Arifin Purwakananta mengatakan, ketetapan tersebut diambil guna menjadi pedoman pembayaran zakat bagi Baznas di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Gibran Minta Maaf kepada Warga Atas Dugaan Pungli Berkedok Zakat oleh Lurah Gajahan

"Melalui keputusan ini maka kita tidak perlu lagi kebingungan untuk menetapkan berapa jumlah nisabnya, apakah sudah wajib atau tidak. Semua bisa dilihat di situs resmi Baznas.go.id lengkap dengan kalkulator zakat," kata Arifin dalam sebuah diskusi virtual, Jumat (30/4/2021).

Arifin menjelaskan, besaran nisab zakat penghasilan dilakukan berdasarkan hitungan harga rata-rata tiga bulan terakhir emas Antam, yakni sebesar Rp938.000 per gram.

Sesuai dengan ketentuan syariat, besaran nisab zakat penghasilan adalah sebesar 85 gram emas per tahun.

Jadi, karena harga yang fluktuatif, Baznas mematok besaran nisab pada 2021 sebesar Rp 79.738.414 per tahun atau setara Rp6.644.868 per bulan.

Penulis : Ade Indra Kusuma





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:32
20 TAHUN TERLIBAT PERANG DI AFGHANISTAN PASCATEROR WTC, AMERIKA SERIKAT MULAI MENARIK PASUKANNYA SECARA TOTAL   TIM PENYELAMAT MULAI MASUKI TAMBANG DI XINJIANG, TIONGKOK, UNTUK CARI 21 PEKERJA YANG TERJEBAK SEJAK 10 APRIL 2021    BMKG MEMPREDIKSI HUJAN RINGAN AKAN GUYUR WILAYAH DKI JAKARTA PADA MALAM HARI INI   KABID HUMAS POLDA METRO JAYA MINTA MASYARAKAT YANG BERBELANJA DI PASAR TANAH ABANG TETAP MENAATI PROTOKOL KESEHATAN   POLDA METRO JAYA & TNI GELAR POSKO PENGAMANAN UNTUK CEGAH KERUMUNAN DI PUSAT GROSIR PASAR TANAH ABANG, JAKPUS   JUBIR VAKSIN COVID-19: ACARA BUKA BERSAMA BERISIKO TINGGI MENULARKAN COVID-19, LEBIH BAIK DILAKUKAN VIRTUAL   KEMENKES KHAWATIR DENGAN KEMUNCULAN KLASTER COVID-19 AKIBAT ACARA BUKA BERSAMA DI PEKAN TERAKHIR RAMADAN   WAKIL KETUA KOMISI XI DPR AMIR USKARA NILAI MAYORITAS UMKM DI INDONESIA MASIH MENGHADAPI TANTANGAN AKIBAT PANDEMI   WAKIL KETUA MPR HIDAYAT NUR WAHID MINTA PEMERINTAH REALOKASI ANGGARAN THR PEJABAT AGAR THR ASN DIBERIKAN PENUH   KEMENHUB LIBATKAN PEMDA & PIHAK SWASTA UNTUK KEMBANGKAN PELABUHAN MALARKO DENGAN KONSESI 30 TAHUN   MENHUB BUDI KARYA SUMADI AJAK PEMDA KEPRI BERPARTISIPASI KEMBANGKAN PELABUHAN MALARKO DI TANJUNG BALAI KARIMUN   KEMENTERIAN BUMN GANDENG 1.000 PESANTREN DI PULAU JAWA UNTUK BEKERJA SAMA DENGAN SEJUMLAH PERUSAHAAN PELAT MERAH   MENTERI BUMN ERICK THOHIR MENGAKU SIAP BANTU AKSES MENDAPATKAN MODAL USAHA BAGI 1.000 PESANTREN DI JAWA   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.452: 3.520 SEMBUH, 189 MENINGGAL DUNIA, DAN 743 DALAM PERAWATAN