Kompas TV nasional politik

Anies Bawa Jakarta Jadi Kota Buku Dunia di Acara Tahunan UNESCO WBC

Kompas.tv - 2 Mei 2021, 03:18 WIB
anies-bawa-jakarta-jadi-kota-buku-dunia-di-acara-tahunan-unesco-wbc
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat dialog virtual yang dihadiri Sekjen PBB Sekjen PBB Antonio Gutteres, Ketua C40 dan asosiasi kota besar di dunia (Sumber: Instagram Anies Baswedan)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemprov DKI Jakarta mengikuti pencalonan sebagai Ibu Kota Buku Dunia, yang digagas UNESCO.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan pencalonan DKI Jakarta di UNESCO World Book City (WBC) ini untuk kandidat Ibu Kota Buku Dunia pada tahun 2023.

Menurut Anies proposal pencalonan telah dikirimkan ke UNESCO pada 15 April 2021.

Baca Juga: Anies Baswedan: dengan Air Bersih Perasaan Keadilan Hadir di Seluruh Wilayah Jakarta

“Untuk pencalonan ini, Jakarta mengusung tagline Eja.kar.ta Everybody’s Reading,” ujar Anies dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/5/2021).

Anies menambahkan pencalonan ini tidak terlepas dari kenaikan literasi warga Jakarta dalam beberapa tahun belakangan.

Menurut Anies hingga 2020, tercatat 19 persen penerbit di Indonesia berada di Jakarta dan telah mendaftarkan 14.906 ISBN.

Jakarta juga berkontribusi pada 25 persen koleksi digital nasional. Angka ini cukup signifikan dalam menempatkan Indonesia sebagai negara paling produktif dalam industri penerbitan di Asia Tenggara pada 2019.

Baca Juga: Revitalisasi, Anies Ingin Ubah Nama Kota Tua Jadi Batavia

Selain itu, dalam kegiatan literasi, Jakarta juga menjadi tempat penyelenggaraan sejumlah acara seperti Indonesia International Book Fair (IIBF), Jakarta International Literary Festival (JILF), dan Jakarta Content Week (Jaktent).

"Kami juga mendirikan di banyak lokasi dan titik di ruang publik yang menyediakan buku bagi warga, yang bisa dibaca di tempat. Ini sesuai dengan tema yang kami ajukan, Everybody’s Reading. Ini adalah bagian dari ikhtiar kita bersama untuk menghadirkan Jakarta sebagai Kota Buku Dunia," ujar Anies, dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/5/2020).

Pengajuan proposal ini dilakukan oleh Komite Jakarta Kota Buku yang dibentuk Anies melalui Keputusan Gubernur Nomor 742 Tahun 2020.

Baca Juga: Bicara 2 Menit, Usulan Gubernur Anies Langsung Disetujui oleh Sekjen PBB

Adapun negara tetangga yang terpilih sebagai Ibu Kota Buku Dunia dalam kegiatan UNESCO WBC yakni Kuala Lumpur Malaysia pada 2020 dan Bangkok, Thailand pada 2013.

Sementara pemenang Ibu Kota Buku Dunia partama yakni Kota Madrid, Spanyol pada 2001 dan pada tahun 2022 Kota Guadalajara, Meksiko terpilih sebagai Ibu Kota Buku Dunia UNISCO.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.