Kompas TV internasional kompas dunia

India Tutup Semua Penerbangan Internasional Kecuali Kargo Hingga 31 Mei

Kompas.tv - 2 Mei 2021, 04:45 WIB
india-tutup-semua-penerbangan-internasional-kecuali-kargo-hingga-31-mei
Seorang personel keamanan (kanan) bertugas di Bandara Internasional Indira Gandhi di New Delhi, India, pada 25 Mei 2020. (Sumber: Xinhua/Partha Sarkar)
Penulis : Edwin Shri Bimo

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Penerbangan internasional komersial dari dan menuju India akan tetap ditangguhkan hingga 31 Mei, demikian disampaikan sejumlah pejabat Ditjen Penerbangan Sipil India hari Jumat (30/04/2021).

Menurut surat edaran yang diterbitkan pada Jumat oleh Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil (Directorate General of Civil Aviation/DGCA), pembatasan ini tidak berlaku untuk operasional dan penerbangan semua kargo (all-cargo) internasional yang secara khusus disetujui oleh badan pengawas penerbangan sipil India tersebut.

"Dalam perubahan sebagian pada surat edaran tertanggal 26 Juni 2020, pihak berwenang telah memperpanjang validitas surat edaran yang diterbitkan berkaitan dengan subjek yang disebutkan di atas (pembatasan perjalanan dan visa terkait Covid-19) mengenai layanan penumpang komersial internasional terjadwal menuju/dari India hingga 31 Mei 2021 pukul 23.59 (waktu setempat)," bunyi perintah yang diterbitkan oleh DGCA.

Baca Juga: Waspada Mutasi Baru Corona B1617 dari India

Sebuah jalan yang lengang terlihat saat karantina wilayah (lockdown) akhir pekan yang diberlakukan untuk mengendalikan Covid-19 di Bangalore, India, pada 25 April 2021. (Sumber: Xinhua/Str)

"Meski demikian, penerbangan internasional terjadwal dapat diizinkan untuk rute-rute yang ditentukan oleh pihak berwenang berdasarkan kasus per kasus." tambah pernyataan tersebut.

India menangguhkan penerbangan komersialnya saat negara itu menerapkan karantina wilayah (lockdown) nasional secara penuh pada akhir Maret tahun lalu demi membendung penyebaran wabah Covid-19.

Penerbangan domestik di negara itu kembali beroperasi pada 25 Mei tahun lalu usai ditangguhkan hampir dua bulan.
Sementara itu, otoritas India telah mengoperasikan penerbangan internasional khusus sejak Mei tahun lalu dan di bawah pengaturan "koridor udara" bilateral dengan negara-negara tertentu sejak Juli tahun lalu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x