Kompas TV religi beranda islami

Pandemi Jangan Halangi Silaturahmi - KALAM HATI

Kompas.tv - 2 Mei 2021, 03:32 WIB
Penulis : Luthfan

Pandemi corona masih menyerang dunia hingga detik ini, namun jangan dijadikan sebuah alasan untuk tidak melakukan silaturahmi dengan orang lain, karena ada cara untuk tetap menjalin silaturahmi.

Identik takwa dengan silaturahim akan balik kepada konteks keimanan, yaitu orang-orang yang suka menjalani silaturahmi adalah orang yang bertakwa.

“Dan bertakwalah kepada Allah dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS. An-Nisa Ayat 1).

Kemajuan teknologi masa kini seperti internet dan sosial media dapat dijadikan alternatif untuk menjalin silaturahmi di masa pandemi corona. Sebab, salah satu jalan menuju surga adalah dengan mempertahankan untuk menjalin silaturahmi berkelanjutan.

“Sembahlah Allah, janganlah berbuat syirik kepada-Nya, dirikanlah shalat, tunaikan zakat, dan jalinlah tali silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat).” (H.R Bukhari No. 5983). 

“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.” (QS. Al-Hujurat Ayat 10).

Selain menjaga hubungan yang baik, persaudaraan harus disatukan kembali jika ada hubungan yang terputus. Silaturahmi memiliki tujuan untuk menutupi tali persaudaraan yang telah putus sebelumnya, karena bagian dari kekuatan Islam adalah amal jama’i (persatuan).

Wallahu'alam bis shawab.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.