Kompas TV nasional sosial

Kisah Mantan Komandan KRI Nanggala, Sakit karena Puluhan Tahun Hidup di Kapal Selam Berusia Tua

Kompas.tv - 1 Mei 2021, 17:45 WIB
kisah-mantan-komandan-kri-nanggala-sakit-karena-puluhan-tahun-hidup-di-kapal-selam-berusia-tua
Mantan Komandan Satuan Kapal Selam Koarmabar II TNI AL sekaligus Mantan KRI Nanggala 402 Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa (Kiri) saat masih bertugas, sebelum menderita karena sakit paru-paru. (Sumber: Dok. Mantan Dansatsel TNI AL Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

TASIKMALAYA, KOMPAS.TV - Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa adalah mantan Komandon Satuan Kapal Selam (Satsel) dan KRI Nanggala 402. Ia terbaring sakit setelah bekerja puluhan tahun di kapal selam.

Momoh Fatimah (83), ibu kandung Kolonel Iwa mengatakan, anaknya sangat mencintai pekerjaannya. 

"Iwa sakit karena terlalu lama bertugas berlayar di kapal selam, sudah 26 tahun. Dia begitu mencintai pekerjaannya,” ujar Momoh, Sabtu (1/5/2021), dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Angkatan Laut China akan Bantu Indonesia Evakuasi KRI Nanggala-402

Kolonel Iwa, kata Momoh, mestinya menjadi Komandan KRI Nanggala 402 saat tenggelam. Namun, sakit menghindarkan adik Mantan Kapolda Jabar Irjen Purnawirawan Anton Charliyan itu dari musibah.

Momoh menyebut, Iwa sering memaksakan bertugas sambil menahan sakit. Ia menderita paru-paru karena selalu menghirup bubuk besi di dalam kapal selam.

Saat ini, mantan komandan KRI Nanggala 402 itu hanya bisa terbaring di ranjang dan sulit berbicara.

“Makanya, badannya kurus dan kecil. Iwa sangat paham sekali pekerjaan yang diembannya sebagai ahli kapal selam di Indonesia,” kata Momoh.

Irjen purnawirawan Anton Charliyan mengisahkan, adiknya kerap curhat soal pekerjaannya.

“Saya jujur kadang merinding tiap kali mendengar cerita adik saya dan teman-temannya. Mereka menyebut beruntung kalau mesin mati beberapa menit di laut dengan kedalaman lebih dari 200 meter ke bawah,” tutur Anton, Jumat (30/4/2021). 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x