Kompas TV bisnis perbankan

Mandiri Taspen Terbitkan Obligasi Rp2 Triliun

Kompas.tv - 1 Mei 2021, 17:39 WIB
mandiri-taspen-terbitkan-obligasi-rp2-triliun
Ilustrasi Obligasi, obligasi adalah, apa itu obligasi, arti obligasi, pengertian obligasi, perbedaan saham dan obligasi, contoh obligasi, jenis obligasi (Sumber: KOMPAS/LASTI KURNIA)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) kembali menerbitkan obligasi sebesar Rp2 triliun di Bursa Efek Indonesia. Penerbitan obligasi tersebut adalah bagian dari Penerbitan Umum Berkelanjutan (PUB) Obligasi I Tahap II tahun 2021 dengan perusahaan penjamin emisi.

Lima perusahaan penjamin emisi tersebut antara lain, Mandiri Sekuritas, BNI Sekuritas, BCA Sekuritas, BRI Danareksa Sekuritas dan Trimegah Sekuritas Indonesia. 

Direktur Utama Bank Mantap Elmamber P Sinaga menyatakan, penerbitan obligasi ini mencatatkan permintaan dari para investor sebesar Rp5,5 triliun atau 2,7 kali melebihi target yang diharapkan. Obligasi tersebut terdiri dari dua tenor.

Seri A bertenor 3 tahun sebesar Rp800 miliar ditawarkan dengan kupon 6,5 persen Seri B bertenor 5 tahun memiliki dengan nilai emisi Rp1,2 triliun, penawaran bunga 7,25 persen.  

“Para investor pemegang obligasi untuk seri A dan seri B akan mendapatkan pembayaran kupon pertamanya pada akhir bulan Juni 2021, kemudian Bank Mantap secara rutin akan membayar kupon setiap triwulan sekali," ujar Elmamber dalam siaran pers, Sabtu (1/5/2021), dilansir dari laman Kontan.co.id.

Baca Juga: Bank Dunia Luncurkan Obligasi Pertama di Dunia Untuk Konservasi Badak Hitam Afrika

Ia juga menjelaskan, PUB Obligasi Satu Tahap Kedua tersebut  juga telah dilakukan pemeringkatan oleh Lembaga Pemeringkat PT Fitch Rating Indonesia dengan rating AA.

Di samping itu, Chief Financial Officer Bank Mantap Fajar Ari S menambahkan, pihaknya akan menggunakan dana hasil penerbitan obligasi dalam rangka mendukung ekspansi bisnis, khususnya untuk penyaluran kredit dengan target indikatif akhir tahun 2021 baki debet sebesar Rp30,6 triliun.

Angka itu tumbuh sebesar 19,28 persen secara year on year (YoY). Adapun, pada posisi akhir Maret 2021, bagi debet kredit Bank Mantap sudah mencapai Rp27,52 triliun.

Fajar optimistis dengan pertumbuhan kredit yang dapat disalurkan di tahun 2021. Sampai dengan bulan Maret 2021, kredit Bank Mantap telah tumbuh sebesar 26,3 persen secara YoY.

Dengan demikian, diharapkan oleh terbitnya PUB Obligasi Satu Tahap Kedua Tahun 2021 tersebut, rasio LFR pada akhir tahun 2021 tetap terjaga di kisaran 90,50 persen.  

“Dengan PUB Obligasi Satu Tahap Kedua Tahun 2021 ini, Bank Mantap sekiranya dapat meningkatkan value added bagi para investor dan menyejahterahkan para pensiunan ASN dan TNI/Polri,” pungkasnya.

Baca Juga: Bank Mandiri Taspen Buka Lowongan Kerja, Berikut Syarat dan Ketentuannya

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x