Kompas TV cerita ramadan cerita

Cerita WNI Jalani Ramadan saat Penerapan Lockdown di Turki

Sabtu, 1 Mei 2021 | 06:53 WIB

KOMPAS.TV - Di cerita Ramadan hari ini, Sabut (01/05/2021) kita akan tersambung melalalui saluran Zoom Kompas TV dengan kandidat PhD Internasional Relations Doctoral Program, Uludag University.

J Ramadan akan menceritakan bagaimana suasana Ramadan di Kota Bursa, Turki.

J Ramadan menceritakan, ini adalah kali ke-3 ia menjalankan Ramadan di Turki. Tahun 2018 suasana Ramadan sangat menyenangkan karena mahasiswa banyak menerima undangan untuk buka puasa bersama.

Namun, semenjak 2020 covid-19 melanda, perbedaan Ramadan berubah 180 derajat. Tak ada lagi keramaian dan buka puasa bersama. Pemerintah Turki menggantinya dengan mengirimkan hadiah atau sembako.

Saat ini pemerintah Turki memberlakukan pembatasan baru setelah angka infeksi dan kematian covid-19 di negara itu mencapai rekor tertinggi.

Perjalanan antarkota membutuhkan izin khusus dari pihak berwenang.

J mengatakan, 81 wilayah di Turki menerapkan lockdown. Polisi dan militer pun berpatroli mengamankan wilayah.

Aktivitas interaksi sosial berkurang, warga hanya boleh keluar untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

J menyebut, sejak 29 Maret hingga 17 Mei tidak boleh ada kegiatan di luar rumah. Bahkan untuk orang asing yang melanggar akan dicabut izin tinggalnya dan denda 300 dolar.

J juga menyampaikan, belum ada kepastian vaksinasi dari pemerintah Turki untuk WNI. Namun Turki sendiri telah membeli 40 juta vaksin dan juga memproduksi vaksin lokal.

Penulis : Natasha Ancely





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:24
BARBORA KREJCIKOVA DEDIKASIKAN JUARA DUNIA PERANCIS TERBUKA 2021 KEPADA MENDIANG MENTORNYA JANA NOVOTNA   PETENIS CEKO BARBORA KREJCIKOVA BERHASIL RAIH JUARA DUNIA TUNGGAL PUTRI PERANCIS TERBUKA 2021   DOKTER TIMNAS DENMARK SEBUT JANTUNG CHRISTIAN ERIKSEN SEMPAT TERHENTI SAAT KOLAPS DI LAPANGAN   BUNGKAM RUSIA 3-0, STRIKER BELGIA ROMELU LUKAKU DEDIKASIKAN GOL UNTUK CHRISTIAN ERIKSEN   JOE BIDEN TEGASKAN BERI DUKUNGAN UNTUK PERGELARAN OLIMPIADE TOKYO 2020 SAAT KTT NEGARA G7 BERLANGSUNG   MUHAMMAD FADLI FINIS DI POSISI KE-9 PADA NOMOR ROAD RACE KEJUARAAN DUNIA PARACYCLING CASCAIS 2021 DI PORTUGAL   LEDAKAN GAS TERJADI DI HUBEI, TIONGKOK, 11 ORANG DILAPORKAN MENINGGAL DUNIA   PEMERINTAH ARAB SAUDI RESMI UMUMKAN PELAKSANAAN IBADAH HAJI 2021 KHUSUS UNTUK JEMAAH LOKAL   POLRES MAJALENGKA, JAWA BARAT, AMANKAN 22 ORANG PELAKU DIDUGA LAKUKAN PUNGUTAN LIAR DAN PREMANISME   BUPATI KUDUS HM HARTOPO SEBUT 28 WARGANYA TERINFEKSI VIRUS KORONA VARIAN INDIA   GUBERNUR GANJAR PRANOWO INSTRUKSIKAN BUPATI DAN WALI KOTA DI JAWA TENGAH TINGKATKAN “TRACING” DAN TES PCR   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO MINTA MASYARAKAT WASPADAI VARIAN BARU VIRUS KORONA   KEMENKO PMK: SEBANYAK 58 WILAYAH BELUM SETOR USULAN FORMASI GURU PPPK   KEMENTERIAN KELAUTAN & PERIKANAN: PEMBANGUNAN PELABUHAN PERIKANAN PESISIR PEKALONGAN BISA TANGGULANGI BANJIR ROB