Kompas TV regional berita daerah

Shopee Dukung Korem 074 Warastratama Surakarta Sulap Rumah Warga Jadi Layak Tinggal

Kompas.tv - 1 Mei 2021, 06:30 WIB
shopee-dukung-korem-074-warastratama-surakarta-sulap-rumah-warga-jadi-layak-tinggal
Keluarga Agus Santoso dan Tris Haryati yang selama 20 tahun menempati rumah reyot yang nyaris roboh. (Sumber: Dok. Shopee)
Penulis : Elva Rini

SOLO, KOMPAS.TV – Pasangan Agus Santoso dan Tris Haryati (40), hanya bisa menangis bahagia saat mendapatkan kepastian rumah yang ditinggalinya selama 20 tahun akan masuk dalam program Rumah Melati (menjadi layak tinggal) yang diinisiasi oleh Komando Resor Militer 074/Warastratama Surakarta dan didukung oleh Shopee Indonesia.

“Kalau hujan rumahnya tidak bisa ditempati, kasihan anak-anak. Karena kalau angin besar rumahnya seperti mau roboh jadi terkadang harus ngungsi,” kata Tris saat dijumpai, Kamis (29/4/2021).

Tris mengaku kesulitan untuk memperbaiki rumahnya karena pendapatan suaminya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Shopee Bangun Pompa Air di NTT

Bersama 3 orang anaknya, Tris sudah tinggal di RT01/RW03 Sekip, Kelurahan Banjarsari, Solo selama 20 tahun. Kondisi rumah Agus dan Tris terlihat kurang layak karena sebagian besar atap yang terlihat

Selama ini, Tris mengaku banyak pihak yang melakukan survei seolah ingin membantu. Namun, hal itu tidak kunjung terealisasi.

“Kalau ini sungguhan benar dibangun dan saya sangat bersyukur, anak-anak bisa tidur dan belajar tanpa harus takut bocor. Saya sangat senang dan bersyukur,” ungkapnya.

Program Rumah Melati ini dimulai saat memasuki bulan suci Ramadhan. Komandan Korem 074/Warastratama Surakarta Kolonel Inf Deddy Suryadi mengatakan, program Rumah Melati merupakan bentuk kepedulian TNI kepada warga sekitar.

Program yang juga didukung penuh oleh Pemerintah Kota Surakarta ini juga menjadi sarana mendekatkan TNI dengan rakyat. Pasalnya, pembangunan atau renovasi dilakukan langsung oleh anggota TNI sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat.

Baca Juga: Percepat Pemulihan Nasional, Shopee Hadirkan Pusat Vaksinasi Covid-19 di Bandung

“Target kami ada 28 rumah tidak layak huni yang bisa kita perbaiki. Di bulan Ramadhan ini kita kejar 3 rumah bisa selesai sebelum Idul Fitri. Dan kami bersyukur mendapatkan dukungan dari Shopee di program awal ini,” ujar Deddy.

Deddy berharap dengan program ini kualitas hidup masyarakat di wilayah Surakarta.

“Dengan menempati rumah yang layak tinggal, kami berharap dapat meningkatkan kualitas hidup warga,” sambungnya.

Selain rumah tinggal milik Agus Santoso, saat ini Deddy beserta anggotanya sedang melakukan renovasi di rumah milik Dahono di Kelurahan Panularan dan rumah milik Mawardi di Kelurahan Serengan.

“Terima kasih banyak pada TNI dari Korem dan Kodim juga Shopee atas perbaikan rumah kami,” tutup Mawardi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.