Kompas TV internasional kompas dunia

India Larang Ekspor Vaksin Saat Tsunami Covid-19, Sejumlah Negara Kena Getahnya

Kompas.tv - 1 Mei 2021, 03:30 WIB
india-larang-ekspor-vaksin-saat-tsunami-covid-19-sejumlah-negara-kena-getahnya
Kremasi massal jenazah korban Covid-19 di India pada 26 April 2021. India menghadapi gelombang kedua serangan penularan Covid-19 yang sangat parah, membuat sistem kesehatan negara itu hampir runtuh. (Sumber: AP Photo/Channi Anand)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

DHAKA, KOMPAS.TV – Beragam cara ditempuh India demi menangani krisis Covid-19 yang melanda, di antaranya dengan meningkatkan produksi vaksin dan melarang ekspor vaksin.

Larangan mengekspor vaksin ke luar negeri yang dilakukan India ini tentu berdampak dengan berkurangnya pasokan vaksin bagi negara-negara tetangga, seperti Bangladesh, Nepal, Sri Lanka dan Bhutan.

Lalu seperti apa kondisi negara-negara tetangga India ini akibat krisis Covid-19 yang melanda India? Berikut rangkumannya seperti dilansir dari The Associated Press, Jumat (30/4/2021):

Baca Juga: Krisis Covid-19 di India, Sejumlah Bintang Bollywood ‘Melarikan Diri’ Berlibur ke Maladewa

BANGLADESH

Lonjakan kasus virus corona di India menerbitkan kekhawatiran luas bagi negara yang memiliki perbatasan dengan India sepanjang 4.000 kilometer ini. Dalam beberapa pekan terakhir, terjadi lonjakan kasus dan kematian di Bangladesh.

Negara berpenduduk 160 juta jiwa yang dihuni mayoritas muslim ini memberlakukan lockdown hingga 5 Mei mendatang, dan kemungkinan akan diperpanjang.

Sejumlah pejabat Bangladesh khawatir, varian virus baru yang beredar di India dapat membawa kehancuran bagi Bangladesh.

“Ini masalah yang sangat memprihatinkan bagi kami,” ujar Dr ASM Alamgir, peneliti utama Institut Epidemiologi, Pengendalian dan Penelitian Penyakit pemerintah.

“Kekhawatiran itu telah membuat pemerintah untuk menghentikan seluruh pergerakan lintas-batas orang.”

Baca Juga: Pertama di Bangladesh, Seorang Transgender Dipekerjakan Stasiun TV Sebagai Presenter Berita

Lantaran India melarang ekspor vaksin AstraZeneca yang dibuat di Institut Serum India, Bangladesh kini berpaling ke Rusia dan China dan berupaya memperoleh teknologi untuk memproduksi vaksin mereka secara lokal.

NEPAL

Berbatasan langsung dengan India sepanjang 1.800 kilometer membuat Nepal khawatir. Pasalnya, sejak tsunami Covid-19 meruntuhkan sistem kesehatan India, para pekerja migran Nepal di India mulai berdatangan kembali melintasi perbatasan ini.   

Pemerintah Nepal memerintahkan tes dan karantina bagi para pekerja migran yang tiba dari India. Namun pada kenyataannya, banyak yang berhasil menyelinap kembali ke desa mereka masing-masing tanpa terdeteksi petugas.

Kaum muslim Nepal melaksanakan salat Jumat dengan pembatasan sosial di sebuah masjid di Kathmandu, Nepal, Jumat (30/4/2021). (Sumber: AP Photo/Niranjan Shrestha)


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x