Kompas TV religi beranda islami

Manfaat Kurma Bagi Ibu dan Anak di Saat Puasa - KALAM HATI

Kompas.tv - 1 Mei 2021, 03:32 WIB
Penulis : Luthfan

Jika seseorang ingin menjadikan tumbuh kembang anaknya lebih baik secara dzahir maupun psikis, yaitu dengan cara pendekatan agama yang kuat, salah satunya melatih anak untuk puasa.

“Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, ketika dia memberi pelajaran kepadanya, ”Wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.” (QS. Luqman Ayat 13).

Pohon surga yang diturunkan di muka bumi adalah kurma. Ketika berbuka puasa, disunnahkan dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang manis seperti kurma. Demikian juga Rasulullah telah memerintahkan untuk berbuka puasa dengan kurma, karena manfaat kurma memiliki serat yang baik untuk tubuh.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, dia bercerita : “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, biasa berbuka dengan beberapa buah ruthab (kurma segar) sebelum mengerjakan shalat. Jika beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak mendapatkan ruthab, maka beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan beberapa buah tamr (kurma masak yang sudah lama dipetik). Dan jika tidak mendapatkan tamr, maka beliau meminum air.”

Wallahu'alam bis shawab.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x