Kompas TV religi beranda islami

Jangan Tinggalkan Al Quran

Kompas.tv - 30 April 2021, 20:37 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Gadget, gawai, smartphone apapun sebutannya, kini telah benar-benar menyibukan diri kita. Ketika berada dimanapun sulit melepaskan diri darinya walau sekejap saja. Saat berada dijalan, mengantri belanjaan di depan meja kasir, bahkan ketika kita sedang diajak berbicara pun seringkali kita curi-curi pandang melihat gadget.

Sungguh ini adalah suatu kelalaian kita terhadap Al Quran.

Sungguh benar akan datang zaman di mana manusia benar-benar meninggalkan Al-Quran. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman,

“Berkatalah Rasul: “Wahai Rabbku, sesungguhnya kaumku menjadikan Al Qur’an ini suatu yang tidak diacuhkan/ditinggalkan”. (QS. Al Furqan: 30)

Bentuk dari meninggalkan Al-Quran dalam segala bentuk, mulai dari membaca, mentadabbur, mempelajari tafsirnya dan mengamalkannya. Menurut Syaikh Abdurrahman As-Sa’diy Beliau menjelaskan,

“Mereka telah berpaling dan meninggalkan Al-Quran, padahal mereka wajib untuk patuh dan menerima terhadap hukum di dalamnya serta berjalan dengan petunjuk Al-Quran.” [Tafsir As-Sa’diy]

Hendaknya seorang muslim berusaha membaca Al-Quran setiap hari. Bacalah walaupun hanya beberapa ayat dalam sehari, sebab bilamana kita terlalu banyak melakukan maksiat yang membuat hati menjadi keras, maka Al-Quran lah obatnya. Dengan membaca Al-Quran membuat hati kita menjadi lembut serta mudah menerima hidayah dan melakukan ibadah serta kebaikan yang bermanfaat bagi manusia.

Wallahu 'alam bis shawab



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x