Kompas TV video sinau

Daftar Puncak Gunung Tertinggi di Asia, Ada di Mana Saja?

Kompas.tv - 1 Mei 2021, 11:00 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV – Melakukan pendakian ke puncak gunung tertinggi kerap jadi impian para pendaki gunung. Tahukah kamu ada di mana saja puncak gunung tertinggi di Benua Asia?

1. Gunung Everest

Puncak tertinggi tidak hanya di Asia, tapi juga di dunia. Berlokasi di perbatasan Nepal-China, menjulang setinggi 29.035 kaki atau 8.850 mdpl.

2. Gunung K2

Menjulang dengan ketinggian sekitar 8.614 mdpl di perbatasan Pakistan dan China. Melansir Peakbagger, Gunung K2 memiliki medan pendakian yang sangat sulit dan ekstrim.

3. Gunung Kangchenjunga

Berada di antara Nepal dan India dengan ketinggian sekitar 8.586 mdpl. Kangchenjunga disebut sebagai lima harta karun salju karena memiliki lima puncak yang ditutupi oleh salju.

4. Gunung Puensum

Gunung Puensum menjulang setinggi 7.570 mdpl, berada di perbatasan utara Bhutan dan Tibet China. Gunung ini termasuk ke dalam pegunungan Himalaya.

5. Puncak Ismail Samani

Puncak Ismail Samani adalah gunung yang berada di Tajikistan Asia, dengan ketinggian mencapai 7.495 mdpl. Gunung ini dinamai sesuai nama leluhur bangsa Samani.

6. Gunung Hkakabo Razi

Gunung yang berlokasi di Myanmar ini merupakan puncak tertinggi di Asia Tenggara, yang menjulang dengan ketinggian mencapai 5.881 mdpl.

7. Gunung Damavand

Gunung Damavand berada di Iran dengan ketinggian sekitar 5.610 mdpl. Gunung ini juga merupakan gunung berapi aktif yang diselimuti hamparan salju.

8. Gunung Ararat

Berlokasi di Provinsi Igdir, Turki, menjulang setinggi 5.137 mdpl. Gunung Ararat sempat diperkirakan sebagai tempat berlabuhnya bahtera Nuh, namun belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

9. Gunung Khuiten

Berlokasi di Mongolia, China, dengan ketinggian mencapai 4.356 mdpl. Gunung ini memiliki lanskap mulai dari berbagai satwa hingga gletser terbesar di Mongolia.

10. Gunung Kinabalu

Gunung Kinabalu berada di Sabah, Malaysia, dengan ketinggian mencapai 4.095 mdpl. Gunung ini merupakan puncak tertinggi kelima di Asia Tenggara dan gunung tertinggi di Pulau Kalimantan.(*)

Grafis: Agus Eko



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.