Kompas TV nasional berita utama

Densus 88 Tutup Mata Munarman, DPR: Dalam SOP Polri Itu untuk Kejahatan Tertentu

Jumat, 30 April 2021 | 20:13 WIB
densus-88-tutup-mata-munarman-dpr-dalam-sop-polri-itu-untuk-kejahatan-tertentu
Mantan petinggi ormas FPI, Munarman saat tiba di Polda Metro Jaya usai ditangkap Densus 88 Antiteror di Perumahan Modern Hill, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (27/4/2021) sore. (Sumber: KOMPAS.com/Muhamad Isa Bustomi)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi PPP Arsul Sani menilai Densus 88 Antiteror tidak keliru menutup mata Munarman saat penangkapan. Arsul Sani memahami perlakuan terhadap Munarman dilakukan Densus 88 Antiteror sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Jadi gini, kami yang di Komisi 3 tahu bahwa (penangkapan menutup mata ada -red) dalam SOP Polri itu untuk kejahatan-kejahatan tertentu,” kata Arsul Sani pada Jumat (30/4/2021).

“Itu memang perlakukannya berbeda dengan kejahatan-kejahatan atau tindak pidana umum yang lainnya,” tambah Arsul Sani.

Baca Juga: Polisi Persilakan Mantan Sekretaris Umum FPI Munarman Ajukan Gugatan Praperadilan

Arsul Sani menuturkan, pada sejumlah kasus terorisme pihak-pihak yang diduga terlibat atau terlibat dan ditangkap juga ditutup matanya. Dalam fungsinya sebagai wakil rakyat, Arsul Sani memastikan akan mengawal proses hukum Munarman.

“Kalau soal ditutup matanya pada tindak pidana terorisme itu kan dilakukan terhadap semua orang,” ujarnya.

“Nanti kalau ternyata ada yang keliru dalam proses ini kan Kita mendengarkan secara lengkap, ya kita ingat kan juga jajaran Polri,” lanjut Arsul.

Tetapi, lanjut Arsul, dirinya sempat menghubungi Kepala Densus 88 Antiteror Irjen Marthinus Hukom soal penangkapan Munarman. Dalam pernyataannya, kata Arsul, Irjen Marthinus Hukom memastikan pihaknya memiliki dua alat bukti yang cukup untuk melakukan proses penindakan hukum terhadap Munarman.

Baca Juga: 40 Pengacara Siap Dampingi Munarman untuk Layangkan Praperadilan

“Ya kita harus hormati kewwnangan itu. Saya terus terang sebagai anggota Komisi III DPR RI berkomunikasi dengan Pak Lepala Densus Irjen Marthinus Hukom Ya, sudah telepon dengan beliau ber-wa juga yang terkait dengan penangkapan ini,” ujarnya.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Eddward S Kennedy

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Politik

Utak-atik Koalisi Pilpres 2024

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 06:06 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
06:58
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19