Kompas TV video cerita indonesia

Menkominfo: Dunia Tidak Hanya Menghadapi Pandemi, Tapi Juga Infodemi

Kompas.tv - 30 April 2021, 18:57 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengimbau masyarakat untuk mencari sumber informasi yang terpercaya terkait dengan pandemi dan vaksin Covid-19.

Karena menurut Johnny, saat ini dunia tidak hanya sedang menghadapi pandemi, tetapi juga infodemi.

"Dunia tidak hanya berupaya keras menangani pandemi COVID-19 namun kita juga sedang menghadapi infodemi," kata Menkominfo saat menyambut kedatangan vaksin COVID-19 Sinovac dan Sinopharm di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (30/4/2021).

Menurut Johnny, saat ini banya beredar informasi mengenai Covid-19 yang bisa diakses masyarakat. Informasi-informasi tersebut mudah menyebar melalui media digital.

"Secara spesifik hingga pagi ini, Kementerian Kominfo telah mencatat dan melabeli sebanyak 1.556 hoaks terkait COVID-19, serta 177 hoaks terkait vaksin COVID-19," kata Johnny.

Menkominfo pun meminta masyarakat merujuk pada sumber yang terpercaya seperti World Health Organization (WHO), Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Kementerian Kesehatan, kementerian atau lembaga terkait, serta para ahli di bidangnya.

Video editor: Febi

Baca Juga: Kabar Baik, Tambahan 6 Juta Dosis Vaksin dari China ke Indonesia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x