Kompas TV video cerita indonesia

Kolak Ketan Kurma, Menu Favorit Buka Puasa Khas Blitar

Kompas.tv - 30 April 2021, 16:54 WIB
Penulis : Herwanto

BLITAR, KOMPAS.TV -  Kolak biasanya terbuat dari pisang, ubi dan singkong. Namun di Kota Blitar Jawa Timur, kolak diolah dengan buah kurma dan ketan. Rasanya yang gurih dan manis menjadikan kuliner ini menu favorit untuk buka puasa. 

Kolak Ketan Kurma ini berbahan baku beras ketan dan buah kurma. Kuliner ini hasil kreasi Kedai Omah Ketan yang berada di Kelurahan Bendo, Kota Blitar Jawa Timur. Ide pembuatan kolak ketan kurma muncul setelah ada rasa bosan mengkonsumsi buah kurma dengan cara yang sudah lazim.  

Pemilik kedai, Krisna Permadi lalu berkreasi mencampur buah kurma dalam kolak yang didalamnya juga ada ketan. Hasilnya ternyata memuaskan. Perpaduan santan, kurma dan ketan, memunculkan rasa gurih dan manis yang memanjakan lidah.

Pembuatannya cukup sederhana. Masak buah kurma dengan santan beserta daun pandan. Lalu siramkan kuah santan kurma ke atas  beras ketan yang sudah dikukus. Gurihnya ketan dan manisnya kurma membuat kuliner ini laris manis diburu warga untuk buka puasa.

Harga kolak ketan kurma ramah dikantong, yakni 8 ribu rupiah per porsi. Selain kolak ketan kurma, kedai ini juga menyediakan kreasi kurma yang lain, yakni botok kurma.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.