Kompas TV video cerita indonesia

Bubur Kanji Rumbi, Menu Favorit Buka Puasa Warga Aceh

Kompas.tv - 30 April 2021, 16:33 WIB
Penulis : Herwanto

ACEH, KOMPAS.TV - Mencicipi menu makanan khas kampung halaman, pasti dirindukan setiap warga di perantauan saat Bulan Ramadan. Tak terkecuali warga Aceh yang ada di Kota Medan. Mereka rela antre untuk menikmati bubur kanji rumbi yang disediakan oleh pengurus Masjid Raya Aceh Sepakat.

Sajian khas Aceh biasanya didominasi dengan rasa bumbu dan rempah yang kuat. Kuliner dari daerah ini memang tak perlu diragukan lagi kenikmatannya. Salah satu yang paling khas saar Ramadhan adalah bubur kanji rumbi. “Kalau bulan puasa kita enggak buat (bubur kanji), itu kayak enggak sah bulan puasanya. Ini keistimewaan dari bubur kanji,".

Mantan Ketua Pemberdayaan Perempuan Kota Banda Aceh ini mengatakan, saking khasnya bubur kanji rumbi dengan Ramadhan, masjid-masjid di Aceh selalu membagikan makanan ini kepada masyarakat.

Pada umumnya masjid-masjid minimal 10 kali pasti buat bubur kanji. Itu sudah ada pendonor, mereka nanti bagi-bagi untuk masyarakat,” jelas perempuan yang akrab disapa Elvira. Selain dibuat di masjid-masjid dan dibagikan secara gratis, bubur kanji rumbi ini juga bisa ditemukan di pasar-pasar takjil di sekitar Aceh.

Namun, tak begitu banyak pasar yang menjual bubur kanji rumbi, hanya beberapa tempat tertentu yang sudah terkenal.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x