Kompas TV regional berita daerah

Masjid As Said, Perpaduan Arsitektur Arab Dan Nusantara

Jumat, 30 April 2021 | 17:26 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Masjid as-said yang berumur satu abad lebih berdiri dikawasan pecinan makassar, sulawesi selatan. Masjid as said atau biasa disebut masjid arab,  dibangun orang arab yang datang ke makassar untuk menyebarkan agama islam dan juga berdagang. Masjid ini memiliki ke khususan dimana jamaah yang beribadah hanya laki laki.

Bangunan masjid as said berbentuk persegi empat dan hanya memiliki satu lantai dengan tinggi plafon yang lapang. Masjid yang memiliki arsitektur khas timur tengah ini, berdiri dikawasan pecinan, di jalan lombok, makassar. Sementara kubah masjid terinspirasi dari masjid demak, khas masjid di nusantara . Di dalam  masjid terdapat empat pilar  penyangga yang memiliki filosofi empat pilar utama dalam ajaran islam yakni al quran, hadist, qiyas, dan itjma ulama. Tulisan lafaz allah juga terdapat di beberapa bagian bangunan masjid. Di sebut juga masjid arab, karena dibangun oleh orang arab yang datang dari hadramaut, yaman. Mereka ke indonesia untuk berdagang dan melakukan siar agama islam. Masjid  ini dibangun tahun 1907. Selain tempat ibadah juga menjadi pertemuan para keluarga keturunan arab yang datang dari berbagai daerah. Di masjid as said juga terdapat banyak pintu, yang dimaksudkan sebagai kesinambungan jamaah yang ada di luar dan di dalam. Dihalaman masjid juga terdapat pohon kurma yang tumbuh besar, tidak berbuah meski telah tumbuh puluh tahun. Meski berulang kali direnovasi, masjid ini tetap mempertahankan bentuk awalnya yang memadukan arsitektur arab dan nusantara.

Dibulan ramadan, masjid as said memiliki kekhususan tersendiri yakni amalan zikir ratibul haddad. Pembacaan zikir dimulai setelah azan salat isya. Zikir rattibul haddad, merupakan peninggalan keluarga para sayyid bani alwi dari hadramaut, dan di susun oleh habib abdullah bin alwi bin muhammad al haddad . Zikir di susun berlandaskan hadis, kemudian dikumpulkan dalam suatu bingkai zikir.

Masjid arab juga memiliki ke khususan dibanding masjid lain pada umumnya, dimana jamaahnya hanya laki laki. Meski begitu, pihak masjid tidak melarang jika kaum perempuan ingin singgah untuk beribadah.

Kawasan pecinan, dulunya menjadi pusat perdagangan karena lokasinya berada dekat  pelabuhan  dan banyak dikunjungi pedagang dari sejumlah negara. Keberadaan masjid arab ditengah permukiman etnis tionghoa, merupakan cerminan toleransi antar umat beragama .


#MASJIDARAB
#RAMADHAN
#ASSAAD

Penulis : KompasTV Makassar





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:43
INGGRIS HANTAM KROASIA LEWAT GOL TUNGGAL STERLING PADA MENIT KE-57 DI PERTANDINGAN GRUP D PIALA EROPA 2020   SEBUAH MOBIL SUV PECAH BAN DAN TABRAK 3 MOTOR DI GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA, SATU ORANG TEWAS   POLISI SITA BARANG BUKTI GANJA DARI MUSISI ANJI SAAT DITANGKAP DI KAWASAN CIBUBUR, JAKARTA TIMUR   CEGAH PUNGLI, KAPOLRES PELABUHAN TANJUNG PRIOK MINTA PERUSAHAAN PENYELENGGARA JASA PELABUHAN PERKETAT PENGAWASAN   POLRES JAKARTA UTARA TAMBAH 90 PERSONEL DI PELABUHAN TANJUNG PRIOK UNTUK PATROLI DI WILAYAH RAWAN SAAT JAM SIBUK   DISHUB DKI JAKARTA PASTIKAN UJI COBA JALAN LAYANG NON-TOL UNTUK LINTASAN PESEPEDA “ROAD BIKE” BERLANJUT   SEJUMLAH WARGA JABODETABEK AJUKAN GUGATAN GANTI RUGI KEPADA MANTAN MENSOS JULIARI BATUBARA TERKAIT KORUPSI BANSOS   WAKIL BUPATI GARUT HELMI BUDIMAN SEBUT KASUS COVID-19 TEMBUS ANGKA 200 DALAM DUA HARI TERAKHIR   PEMERINTAH PARIGI MOUTONG, SULAWESI TENGAH SEBUT TANAMAN JAGUNG MASIH JADI KOMODITAS PRIORITAS PANGAN   PEMERINTAH AKAN BUKA GEDUNG TOWER 8 WISMA ATLET UNTUK TAMPUNG PASIEN COVID-19 TANPA GEJALA   KEPALA BNPB: PEMERINTAH AKAN TINGKATKAN JUMLAH “TRACING” DAN “TREATMENT” SEBAGAI STRATEGI KENDALIKAN PANDEMI   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN SEBUT COVID-19 VARIAN INDIA MASUK MELALUI PEKERJA MIGRAN YANG KEMBALI LEWAT PELABUHAN   MENTERI LHK SITI NURBAYA HARAP REHABILITASI HUTAN DAN LAHAN DI DANAU TOBA DAPAT TINGKATKAN KUALITAS LINGKUNGAN   MENTERI BUMN ERICK THOHIR APRESIASI KEHADIRAN PERTASHOP YANG SALURKAN BBM DI PERDESAAN