Kompas TV tekno gadget

Widya Robotics Ciptakan Inovasi Kecerdasan Buatan Karya Anak Bangsa

Jumat, 30 April 2021 | 16:40 WIB

KOMPAS.TV - Widya Robotics adalah perusahaan berbasis artificial intelegence atau teknologi kecerdasan buatan.

Perusahaan ini dirintis sekelompok anak muda pada tahun 2018 lalu.

Di awal usahanya, Widya Robotics harus berjuang meyakinkan masyarakat bahwa produk yang mereka tawarkan adalah solusi kehidupan manusia di masa depan.

Alat pendeteksi wajah dan suhu badan yang dikembangkan Widya Robotics menjadi bukti solusi masa depan yang mereka tawarkan.

Saat pandemi covid-19, peralatan ini banyak di pesan perusahaan sebagai filter orang yang masuk ke lingkungan kantor.

Hasilnya alat yang terhubung dengan pintu masuk kantor ini pun ternyata efektif menangkal penyebaran virus covid-19.

Selain peralatan deteksi wajah dan suhu, Widya Robotics juga mengembangkan beragam produk yang bisa membantu peningkatan kinerja perusahaan sekaligus antisipasi penyebaran virus covid-19 di lingkungan kantor dengan cara mengurangi interaksi langsung antar manusia.

Salah satunya peralatan load scaner yang berfungsi menghitung volume matrial bak truk.

Dengan peralatan load scaner ini, perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi tak perlu lagi melakukan pengamatan dan penghitungan manual isi bak truk yang memasok matrial.

Pasalnya dengan memanfaatkan teknologi kamera 3D, peralatan load scaner diklaim mampu mendeteksi jenis barang secara detail serta akurat menghitung volume isi bak truk.

Tak hanya menyasar pasar dalam negeri, Widya Robitics kini merambah pasar Asia dan berharap bisa terus berkespansi hingga Eropa.

Saat perusahaan lain merugi di masa pandemi covid-19, penghasilan perusahaan ini justru naik hingga 600%.

Keinginan terus berkarya dengan menghasilkan lebih banyak lagi produk berbasis kecerdasan buatan untuk solusi masa depan manusia menjadi kunci sukses Widya Robotics.

Penulis : Natasha Ancely





BERITA LAINNYA


Inspirasi Musik

Ardhito Pramono - Di Senayan

Sabtu, 19 Juni 2021 | 00:00 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
00:14
ANGGOTA KOMISI I DPR SUKAMTA MINTA PEMERINTAH HENTIKAN KERJA SAMA DENGAN PERUSAHAAN AFILIASI JUNTA MILITER MYANMAR   PENDAFTARAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DKI JAKARTA JENJANG PAUD DAN SD MULAI DIBUKA SENIN, 21 JUNI 2021   â€œROAD BIKE” DILARANG MELINTAS DI JALAN LAYANG NONTOL (JLNT) KAMPUNG MELAYU-TANAH ABANG MULAI MINGGU, 20 JUNI 2021   KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA TETAPKAN 21 PAROKI YANG DIPERTIMBANGKAN SEBAGAI ZONA MERAH DAN ZONA ORANYE COVID-19   KASUS COVID-19 MELONJAK, KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA MINTA PAROKI DI ZONA MERAH HENTIKAN MISA “OFFLINE” ATAU TATAP MUKA   KASUS COVID-19 MENINGKAT, RUTAN KPK KEMBALI MEMBERLAKUKAN KUNJUNGAN DARING MULAI 18 JUNI 2021   MENSOS TRI RISMAHARINI SARANKAN 11.000 PEKERJA MIGRAN ASAL SULBAR YANG DATANG DARI MALAYSIA LANGSUNG DIPULANGKAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TEGASKAN SELURUH KEGIATAN DI JAKARTA HARUS TUTUP PUKUL 21.00 WIB   SIDAK MALAM KE KAWASAN KEMANG, GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: KITA TEMUKAN PENGELOLA TAK BERTANGGUNG JAWAB   BARU BUKA SATU HARI, TOWER 8 WISMA ATLET PADEMANGAN TELAH MENERIMA 662 PASIEN COVID-19   PERHIMPUNAN DOKTER PARU: JIKA PPKM SKALA BESAR TAK DILAKUKAN, FASILITAS KESEHATAN BISA KOLAPS   WISMA ATLET KEMAYORAN HANYA MENERIMA PASIEN COVID-19 YANG BERGEJALA DENGAN KOMORBID ATAU PENYAKIT PENYERTA    DINKES KOTA BEKASI: PESERTA VAKSINASI MASSAL DI STADION PATRIOT CANDRABHAGA BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS   ANTISIPASI LONJAKAN COVID-19, DINKES KOTA BEKASI TAMBAH SATU AULA ISOLASI DI STADION PATRIOT CANDRABHAGA