Kompas TV nasional sosial

Survei IDEAS; Keluarga Miskin Terdampak Pandemi Sulit Memenuhi Kebutuhan Pangan dan Pendidikan Anak

Kompas.tv - 30 April 2021, 13:27 WIB
survei-ideas-keluarga-miskin-terdampak-pandemi-sulit-memenuhi-kebutuhan-pangan-dan-pendidikan-anak
Ilustrasi kemiskinan (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia Development and Islamic Studies (IDEAS) melakukan survei mengenai bagaimana pengaruh Covid-19 terhadap perekenomian para keluarga miskin atau pra-sejahtera. 

Riset dilaksanakan pada 7 Januari - 11 Februari 2021 dengan melibatkan 1.013 Kepala Keluarga (KK) miskin yang berdomisili di Jabodetabek, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar sebagai responden. 

IDEAS menggunakan metode wawancara tatap muka dengan kuesioner semi terbuka untuk mendapatkan data dari responden.

Berdasarkan hasil penelitiannya, Direktur IDEAS Yusuf Wibisono memaparkan bahwa sebanyak 97,9 persen responden mengaku perekonomiannya sangat terdampak pandemi.

"97,9 persen yang mengaku ekonominya terdampak merasakan berbagai masalah ekonomi yang mereka hadapi mulai dari turunnya penghasilan keluarga, kehilangan pekerjaan hingga pendidikan anak mereka terlantar," ujar Yusuf dalam pemaparan hasil riset secara virtual, Jumat (30/4/2021).

Rinciannya yakni sebesar 77,2 persen mengaku turunnya penghasilan keluarga, 76,9 persen mengaku kebutuhan pangan keluarga mereka terganggu, dan 32,6 persen kehilangan pekerjaan.

"Yang paling nahasnya lagi, ada sebanyak 11,8 persen mereka yang mengaku bahwa pendidikan anak mereka terlantar. Bahkan ada juga yang mengaku bahwa mereka juga sangat sulit mendapatkan atau memenuhi kebutuhan pangan mereka," kata Yusuf. 

Setidaknya sebanyak 80,8 persen keluarga miskin mengaku bahwa mereka sulit mendapatkan kebutuhan pangan seperti tidak mampu membeli daging, membeli ikan, membeli susu, hingga membeli telur.

"Untuk membeli beras atau makanan pokok saja mereka mengaku sulit, ada sebanyak 51,8 persen yang mengaku bahwa mereka sulit membeli beras," ungkap Yusuf.

Baca Juga: 1 Keluarga Miskin Di Kupang Terpaksa Tinggal di Bekas Kandang Ayam



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.