Kompas TV nasional peristiwa

Rencana Pengangkatan KRI Nanggala 402, Kapal Timas ENI Merakes Dikerahkan

Jumat, 30 April 2021 | 11:20 WIB

KOMPAS.TV – Kapal selam KRI Nanggala 402 yang ditemukan tenggelam di kedalaman 838 meter perairan utara Bali akan diangkat menggunakan Kapal Timas ENI Merakes.

Hal ini dibenarkan oleh Sekretaris SKK Migas, Taslim Yunus. Kapal yang akan digunakan untuk mengangkat badan KRI Nanggala 402 adalah Kapal Timas DSV 1201.

"Iya, menggunakan Kapal Timas DSV 1201 yang sekarang bekerja untuk ENI Merakes," ujar Taslim Yunus seperti dikutip dari kumparan, Selasa (28/4/2021).

Kapal Timas DSV 1201 merupakan kapal konstruksi yang dirancang untuk bekerja di perairan dalam dan dangkal.

Kapal ini memiliki dimensi 162.3 x 37.8 x 16.1 meter, dan dapat bergerak dengan kecepatan transit hingga 15 knot.

Kapal ini juga menggunakan crane yang memiliki kapasitas 1.200 MT, sehingga cocok untuk instalasi platform konvensional.

Terkait penamaan Kapal Timas ENI Merakes sendiri, nama 'Timas' mengacu ke PT Timas Suplindo, yang merupakan kontraktor perusahaan migas.

Sedangkan ‘ENI Merakes’ adalah unit usaha dari perusahaan migas italia (ENI Spa) yang mengelola lapangan gas lepas pantai (offshore) merakes yang berada di Blok Sepinggan, Kalimantan Timur.

Dilansir dari situs resmi Timas, Kapal Timas DSV 1201 menggunakan sistem pipelay mutakhir yang mampu beroperasi hingga kedalaman air 3.000 meter, dan menangani pipa berlapis beton OD hingga 60 inch.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, meminta dukungan kepada seluruh masyarakat terkait upaya pengangkatan badan kapal selam KRI Nanggala 402.

"Mudah-mudahan tidak dalam waktu lama sudah kita bisa angkat. Ya ini doa kita, mohon doanya semuanya supaya kapal ini bisa diangkat," ujar Laksamana Yudo Margono usai melakukan kunjungan ke kediaman Kolonel Harry Setyawan di Jawa Timur.(*)

Video Editor: Agus Eko

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:09
IKUTI WEBINAR KOMPAS INSTITUTE BERTAJUK "BRAND STORY THROUGH MEDIA", DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   MAYJEN DUDUNG ABDURACHMAN RESMI MENJABAT PANGLIMA KOMANDO CADANGAN STRATEGIS   KASUS COVID-19 DI BANGKALAN MENINGKAT, KETUA SATGAS MINTA PROSES "TESTING, TRACING, & TREATMENT" DITINGKATKAN   KSP: PASAL PEMIDANAAN PENGHINA PRESIDEN DI RKUHP UNTUK JAGA KEHORMATAN KEPALA NEGARA   SOAL PASAL PENGHINAAN PRESIDEN DI RKUHP, TENAGA AHLI UTAMA KSP ADE IRFAN PULUNGAN: BUKAN UNTUK PENGKRITIK   PEMPROV DKI BUKA LAYANAN VAKSINASI COVID-19 UNTUK SELURUH WARGA JAKARTA BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS   DPR TUNGGU SURAT PRESIDEN UNTUK MEMBAHAS REVISI UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: SKB PEDOMAN KRITERIA IMPLEMENTASI UU ITE SEGERA DILUNCURKAN   WAKIL KETUA BALEG DPR WILLY ADITYA SEBUT PIHAKNYA SAMBUT BAIK RENCANA PEMERINTAH MEREVISI UU ITE   KEMENTERIAN AGAMA: PENUNDAAN HAJI 2 TAHUN TERAKHIR SEMAKIN MEMPERPANJANG ANTREAN HAJI   MENHUB BUDI KARYA SUMADI: PEMBANGUNAN LRT JABODEBEK CAPAI 84,6 PERSEN, DITARGETKAN BEROPERASI PADA 2022   PRESIDEN JOKOWI INGIN INDONESIA DAPAT MENGEKSPOR LRT KE BERBAGAI NEGARA DI MASA DEPAN   TINJAU STASIUN LRT TMII, PRESIDEN JOKOWI HARAP UJI COBA LRT JABODETABEK APRIL, OPERASIONAL JUNI 2022    MENTERI PPPA: LAPORKAN KEKERASAN PEREMPUAN DAN ANAK MELALUI LAYANAN SAPA 129 ATAU WHATSAPP 08111-129-129