Kompas TV regional viral

Dalang dan Penyebar Isu Aksi Babi Ngepet di Depok Akhirnya Ditangkap Polisi

Jumat, 30 April 2021 | 04:31 WIB

DEPOK, KOMPAS.TV - Polisi menangkap pengarang sekaligus penyebar berita palsu soal babi ngepet, yang belakangan viral di media sosial.

Alasan pelaku merekayasa cerita adalah ingin menjadi terkenal.

Inilah babi yang diisukan sebagai makhluk jelamaan atau babi ngepet oleh warga Depok, dan ditangkap Selasa (27/04) dini hari lalu, di Kampung Bedahan, Sawangan.

Sebelumnya, warga Bebedahan dan sekitarnya mengaku kehilangan uang satu juta sampai dua juta rupiah setiap Senin malam dan Jumat malam.

Namun setelah videonya viral dan menyebabkan kerumunan dan keresahan warga, polisi menyelidiki penemuan babi ngepet ini.

Hasilnya, cerita babi negepet adalah rekayasa warga bernama Adam Ibrahim, yang bersama delapan temannya, beraksi seolah-olah menangkap sang babi. 

Perekayasa isu babi ngepet di Depok, terbukti merencanakan cerita agar terkenal.

Adam Ibrahim bersama delapan temannya mengumpulkan uang dan membeli seekor anak babi hutan seharga 900 ribu rupiah dan ongkos kirim ke Depok d 200 ribu rupiah.

Selanjutnya, Adam Ibrahim merekayasa kejadian warga yang kehilangan uang selama ini di kampung bedahan, karena ada babi ngepet.

Pelaku dan teman-temannya kemudian menangkap babi, dengan harapan bisa dikenal sebagai penyelamat warga kampung.  

Penulis : Dea Davina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:26
PEBALAP PRAMAC DUCATI, JOHANN ZARCO, RAIH “POLE POSITION” DI MOTOGP SACHSENRING, JERMAN   TIMNAS JERMAN MENANG 4-2 SAAT KONTRA PORTUGAL DI LAGA LANJUTAN GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION ALLIANZ ARENA   TIMNAS PERANCIS DIIMBANGI HONGARIA 1-1 DI LAGA KEDUA GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION PUSKAS ARENA   TIGA HARI BEROPERASI, 1.122 PASIEN COVID-19 TELAH JALANI ISOLASI DI TOWER 8 WISMA ATLET PADEMANGAN   LIMA TENAGA KESEHATAN YANG BERTUGAS DI PUSKESMAS SOBANG, PANDEGLANG, BANTEN, TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   GUBERNUR RIDWAN KAMIL: PEMPROV JABAR SIAPKAN 2.400 TEMPAT TIDUR TAMBAHAN DI RUMAH SAKIT UNTUK PASIEN COVID-19   ANGGOTA KOMISI IX DPR KURNIASIH MUFIDAYANTI MINTA PEMPROV DKI TERAPKAN MIKRO “LOCKDOWN” DI WILAYAH ZONA MERAH   POLDA LAMPUNG TANGKAP 140 ORANG TERKAIT DUGAAN TINDAKAN PREMANISME DAN PUNGUTAN LIAR   POLDA SUMSEL DAN BEA CUKAI PALEMBANG GAGALKAN PENYELUNDUPAN EKSPOR BENUR ILEGAL KE MALAYSIA   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLRES PANDEGLANG GELAR KEGIATAN DONOR DARAH   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLDA BANTEN AKAN BAGIKAN PAKET SEMBILAN BAHAN POKOK KEPADA MASYARAKAT   POLRI: HINGGA SAAT INI PELAKSANAAN KOMPETISI LIGA 1 DAN 2 MASIH “ON SCHEDULE”   TINJAU WILAYAH BANGKALAN BERSAMA PANGLIMA TNI, KAPOLRI PAPARKAN LANGKAH SELAMATKAN WARGA DARI RISIKO COVID-19   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 5.015 ORANG, 4.214 SEMBUH, 208 MENINGGAL DUNIA, DAN 593 DIRAWAT