Kompas TV video cerita indonesia

Mahfud Sebut Masalah Papua Bukan Isu Kemerdekaan, Tetapi Isu Ini!!

Kompas.tv - 29 April 2021, 16:51 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menegaskan permasalahan yang ditangani pemerintah soal Papua bukanlah soal kemerdekaan, melainkan isu lingkungan hidup dan isu kesejahteraan dan sebagainya.

Hal ini disampaikan Mahfud saat memberikan keterangan pers kepada wartawan pada Kamis (29/4).

“Masalah Papua yang sekarang sedang kita tangani sebaik-baiknya adalah penataan lingkungan hidup, isu kesejahteraan, bukan isu kemerdekaan.

Mahfud menegaskan, saat ini pemerintah menginstruksikan penyelesaian masalah Papua tidak dengan persenjataan, melainkan dengan kesejahteraan. 

“Kita sudah mengeluarkan Inpres No 9 tahun 2020 yang menginstruksikan penyelesaian masalah Papua dengan penyelesaian kesejahteraan, bukan dengan penyelesaian bersenjata”, tuturnya.

Baca Juga: Mahfud Pastikan Tidak Ada Forum Resmi Internasional yang Dukung Papua Lepas dari NKRI

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua sebagai kelompok teroris.

Keputusan ini diambil setelah pemerintah menerima dukungan dari berbagai pihak seperti TNI, Polri, BIN, Pemerintah Papua hingga masyarakat dan tokoh adat Papua.

“Sejalan dengan itu semua, maka pemerintah menganggap bahwa organisasi dan orang-orang di Papua yang melakukan kekerasan masif dikategorikan sebagai teroris”, tuturnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x