Kompas TV nasional peristiwa

Polisi Ungkap Kasus Travel Gelap Gaet Penumpang Mudik Lebaran, Patroli Cyber Terus Monitor Medsos

Kompas.tv - 29 April 2021, 15:53 WIB
polisi-ungkap-kasus-travel-gelap-gaet-penumpang-mudik-lebaran-patroli-cyber-terus-monitor-medsos
Ilustrasi kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati jalan tol Cikopo-Palimanan di Jawa Barat (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah agen travel gelap mulai menawarkan jasa untuk mudik jelang pelarangannya pada 6-17 Mei 2021.

Polisi mengungkap banyak travel gelap yang mendapatkan penumpang melalui media sosial (Medsos).

Oleh karena itu, selain berpatroli di jalan-jalan tikus, polisi juga gencar melakukan penyisiran cyber untuk memantau pergerakan travel gelap. 

"Kami melakukan patroli cyber untuk melihat, meneliti, memahami, dan mengetahui pergerakan dari para travel gelap, karena sebagian dari mereka mengiklankan melalui media sosial, baik Facebook, Instagram dan sebagainya," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yudo, dalam konferensi pers, Kamis (29/4/2021). 

Baca Juga: Jelang Larangan Mudik, Polda Metro Tangkap 115 Travel Gelap Hasil 2 Hari Operasi

Lebih lanjut Sambodo mengungkapkan, travel gelap ini mematok harga tinggi untuk membawa pemudik keluar dari Jakarta. 

"Sebagai contoh Jakarta-Cilacap mereka patok Rp 300 - 350 ribu padahal biasanya hanya Rp 200 ribu. Lampung antara Rp 350-400 ribu, padahal harga normalnya hanya Rp 200 ribu. Rata-rata mereka memasang tarif di atas tarif normal," tegas Sambodo.

Penumpang travel gelap juga tidak perlu menyiapkan dokumen tes kesehatan seperti hasil swab PCR, rapid Antigen, maupun GeNose.

Padahal, berdasarkan adendum surat gugus tugas Covid-19 para penumpang yang naik dari terminal itu diharapkan mempunyai surat bebas Covid-19 tersebut. 

Baca Juga: Larangan Mudik, Polisi Akan Tindak Jasa Penawaran Travel Gelap di Medsos



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.