Kompas TV video cerita indonesia

Kasus Harian Covid-19 Naik, Jokowi Peringatkan 10 Daerah Ini, Terbanyak di Sumatera!

Kompas.tv - 29 April 2021, 13:52 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPAS.TV – Meski telah memasuki masa vaksinasi, persebaran Covid-19 di Indonesia masih terjadi.

Presiden Jokowi memperingatkan 10 provinsi di Indonesia untuk berhati-hati lantaran adanya lonjakan kasus Covid-19.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi saat berbicara di hadapan Kepala Daerah se-Indonesia yang disiarkan melalu akun Youtube Sekretariat Presiden (29/4).

“Di daerah-daerah Sumatera Selatan, Aceh, Lampung, Jambi, Kalbar, NTT, Riau, Sumbar, Bengkulu, Kepri, hati-hati! Ada kenaikan karena grafis kurva harian itu selalu kita ikuti”, ujar Jokowi dalam video tersebut.

Baca Juga: Covid di India Mengkhawatirkan, Padahal PPKM Diadopsi dari India, Jokowi : Hati-Hati

Ia mengingatkan, saat ini kasus Covid-19 di Indonesia sudah mengalami penurunan dibanding awal tahun 2021 lalu.

“Saya ingat betul, pada Bulan Januari kita pernah mencapai 14 ribu – 15 ribu kasus aktif harian. Dan sekarang kita sudah berada di angka 4 ribu, 5 ribu, 6 ribu, berhasil kita tekan”, tuturnya.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi mengingatkan betul kepada kepala daerah untuk berhati-hati perihal mudik lebaran 2021, agar persebaran covid-19 dapat dikendalikan.

“Hati-hati dengan mudik lebaran, cek kendalikan, pengaturan, yang mudik itu penting sekali”, tuturnya.

Menurut survey yang dilakukan pemerintah, Jokowi menyebut minat masyarakat untuk mudik lebaran 2021 masih tinggi, meskipun pemerintah sudah larangan dari pemerintah untuk mudik. 

“Sebelum ada larangan mudik, yang mau mudik itu 89 juta orang, 33% dari penduduk kita. Begitu ada larangan mudik, turun menjadi 11%, begitu kita sosialisasi, kita sampaikan Gubernur, Bupati, Wali Kota, turun menjadi 7%, tapi angkanya juga masih besar. Hati-hati, 18,9 juta orang yang masih akan mudik”, pungkasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x