Kompas TV internasional kompas dunia

Cuaca Ekstrim Sebabkan Hujan Es di Mekkah dan Banjir Bandang di Sejumlah Kota di Arab Saudi

Kompas.tv - 29 April 2021, 10:19 WIB
cuaca-ekstrim-sebabkan-hujan-es-di-mekkah-dan-banjir-bandang-di-sejumlah-kota-di-arab-saudi
Suasana di kota Mekkah, Arab Saudi seusai hujan deras, Selasa (27/4/2021). (Sumber: SPA via The National News)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

MEKKAH, KOMPAS.TV – Hujan deras selama tiga jam yang terjadi pada Selasa (27/4/2021) membuat sejumlah provinsi di Arab Saudi banjir. Sejumlah lokasi bahkan mengalami hujan es.

Hujan deras yang disertai bongkahan es melanda Mekkah, hingga para jemaah terpaksa melakukan tawaf di Masjidil Haram sambil menggunakan payung. Namun, hal itu tidak menyurutkan semangat jemaah untuk melakukan tawaf.

Baca Juga: Masjid di Mekkah Mulai Buka Kembali, Umat Muslim Dapat Kembali Ibadah di Masjid

Ayesha Rashid, seorang jemaah di Mekkah, bersyukur menjadi salah satu jemaah yang dapat melakukan umrah tahun ini, menyusul pembatasan jumlah jemaah akibat pandemi Covid-19.

Sejumlah jemaah tampak melakukan tawaf mengelilingi Ka'bah menggunakan payung di tengah guyuran hujan deras di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Selasa (27/4/2021). (Sumber: Instagram)

“Rasanya sungguh tak terbayangkan,” katanya seperti dikutip dari The National News, Rabu (28/4/2021). “Kami terkejut. Tiba-tiba saja hujan turun dan orang-orang bersorak gembira saat hujan turun di Masjidil Haram. Rasanya seperti semua doa kami terjawab.”

“Hujan dalam Islam menandakan pengampunan dan kami merasa terberkati bisa punya kesempatan berada di sini di bulan suci Ramadan,” kata Rashid.

Baca Juga: Pengadilan Mekkah Bebaskan 13 Terdakwa Kasus Crane Jatuh di Masjidil Haram

Video hujan turun di Arab Saudi yang beredar di media sosial pun membawa kegembiraan bagi mereka yang tak merasakan hujan secara langsung.

“Saya menerima kiriman video dari sepupu saya di Taif sebelum magrib dan tampak sangat indah! Orang-orang tampak menikmati hujan sebelum berbuka puasa,” kata Aamna Tahir dari Jeddah. “Hujan sungguh merupakan penawar dari cuaca panas yang melanda kami selama jam panjang berpuasa.”

Namun, hujan yang terjadi akibat cuaca ekstrim itu tak melulu membawa kegembiraan. Video yang beredar di media sosial menunjukkan sejumlah mobil yang tampak tenggelam saat banjir bandang melanda sebuah ruas jalan di Mekkah.

Tangkapan layar dari video yang beredar menunjukkan sebuah ruas jalan di Mekkah, Arab Saudi yang dilanda banjir pada Selasa (27/4/2021). (Sumber: The National News)

Pihak berwenang telah memperingatkan warga akan ancaman hujan deras dan badai di Mekkah, Madinah, Al Baha, Jazan dan Najran yang disertai dengan potensi banjir di Riyadh dan Qassim serta kawasan timur, sementara hujan ringan akan terjadi di Jawf, Tabuk dan kawasan perbatasan di utara.

Baca Juga: Bikin Simbol LGBT di Dekat Gambar Kabah, Empat Mahasiswa Turki Ditangkap

Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi memperingatkan, hujan dapat berlangsung hingga hari Minggu mendatang (2/5/2021) di sejumlah provinsi di selatan Arab Saudi. Badan Pertahanan Sipil Arab Saudi juga memperingatkan warga untuk menghindari tempat-tempat yang berpotensi banjir.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x