Kompas TV internasional kompas dunia

Astronot Michael Collins, Pilot Apollo 11, Meninggal Dunia Karena Kanker

Kamis, 29 April 2021 | 05:49 WIB
astronot-michael-collins-pilot-apollo-11-meninggal-dunia-karena-kanker
Dalam file foto 19 Juni 1969 ini, Michael Collins sedang beristirahat selama pelatihan untuk misi pendaratan ke bulan di Cape Kennedy, Florida, Amerika Serikat. Collins meninggal dunia pada Rabu (28/4/2021) pada usia 90 tahun karena kanker. (Sumber: Associated Press)

FLORIDA, KOMPAS.TV - Astronot yang merupakan pilot Apollo 11 Michael Collins, meninggal dunia di Naples, Florida, Amerika Serikat (AS) karena kanker pada Rabu (27/4/2021). Apollo 11 merupakan pesawat luar angkasa yang membawa manusia untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di bulan. Bersama Neil Armstrong dan Edwin Aldrin, Michael Collins merupakan manusia pertama yang berhasil mencapai bulan.

Collins menghembuskan napas terakhir dalam usia 90 tahun. “Mike selalu menghadapi tantangan hidup dengan keanggunan dan kerendahan hati. Ia menghadapi ini (kanker), tantangan terakhirnya, dengan cara yang sama,” kata keluarganya dalam sebuah pernyataan, yang dikutip dari The Associated Press.

Bersama Armstrong dan Aldrin, Collins merupakan awak Apollo 11 yang pada tahun 1969 mengakhiri perlombaan antariksa antara AS dan Rusia. Mereka memenuhi tantangan Presiden AS John F. Kennedy untuk mencapai bulan pada akhir 1960-an.

Baca Juga: Sambut Astronot Baru SpaceX Crew Dragon, Stasiun Luar Angkasa Internasional Dipenuhi 11 Astronot

Meskipun ia melakukan perjalanan sekitar 238.000 mil ke bulan, namun Collins tidak pernah menginjakkan kaki di permukaan bulan seperti Aldrin dan Armstrong. Collins menghabiskan delapan hari misi Apollo 11 untuk mengemudikan modul komando. Saat Armstrong dan Aldrin turun ke permukaan bulan, Collins tetap berada di modul komando, Columbia.

Collins sendirian selama hampir 28 jam sebelum Armstrong dan Aldrin menyelesaikan tugas mereka di permukaan bulan dan kemudian lepas landas dari bulan. Collins bertanggung jawab untuk memasang kembali dua pesawat ruang angkasa itu agar mereka dapat mulai kembali ke Bumi.

Seandainya ada yang tidak beres dan Aldrin serta Armstrong terjebak di permukaan bulan, Collins direncanakan akan kembali ke Bumi sendirian. Namun untunglah misi perjalanan di bulan berjalan dengan baik dan ketiga astronot dapat kembali dengan selamat ke bumi.

Meskipun dia sering ditanya apakah dia menyesal tidak mendarat di bulan, namun keputusan tersebut tidak pernah menjadi pilihan bagi Collins. Spesialisasi Collins adalah sebagai pilot modul komando, pekerjaannya seperti operator base-camp dalam ekspedisi mendaki gunung. Akibatnya, dia tidak dipertimbangkan untuk ikut menginjakkan kaki di bulan.

Baca Juga: Inilah Kisah Nora al-Matrooshi, Astronot Perempuan Pertama Uni Emirat Arab

“Saya kira Anda satu-satunya orang yang tidak diliput TV tentang kejadian itu,” ujar Mission Control ketika mengirim pesan radio kepada Collins setelah pendaratan.

Penulis : Tussie Ayu

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:47
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19