Kompas TV religi beranda islami

Nuzulul Quran - SAHUR TIME

Kompas.tv - 29 April 2021, 03:32 WIB
Penulis : Luthfan

Nuzulul Quran adalah turunnya Al-Qur’an secara utuh dari Lauhul Mahfuzh di langit ketujuh ke Baitul Izzah di langit dunia.

Allah Ta’ala berfirman : “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr: 1-5).

Kejadian sejarah Nuzulul Qur’an, Allah menurunkan Al Qur’an pada Lailatul Qadar. Malam ini adalah malam yang diberkahi sebagaimana disebutkan dalam ayat yang lain.

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi” (QS. Ad Dukhon: 3). Malam yang diberkahi yang dimaksud adalah Lailatul Qadar yang terdapat di bulan Ramadhan.

Karena Al-Qur’an itu diturunkan di bulan Ramadhan seperti disebut dalam ayat : “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran ” (QS. Al Baqarah: 185). 

Maka, kitab suci Al-Qur’an diturunkan sekaligus di Baitul Izzah pada bulan Ramadhan saat Lailatul Qadar. Kemudian Al-Qur’an turun secara berangsur-angsur sesuai peristiwa.

Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya kitab suci lainnya, yaitu Shuhuf Ibrahim, Zabur, Taurat dan Injil. Namun, turunnya keempat kitab ini secara sekaligus (jumlatan waahidatan).

Wallahu'alam bis shawab.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x