Kompas TV internasional kompas dunia

Kapal Perang AS Lepaskan Tembakan Peringatan saat Kapal Iran Melintas Terlalu Dekat di Teluk Persia

Kompas.tv - 28 April 2021, 22:36 WIB
kapal-perang-as-lepaskan-tembakan-peringatan-saat-kapal-iran-melintas-terlalu-dekat-di-teluk-persia
Kapal perang Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS), USS Firebolt di Manama, Bahrain. Foto diambil pada 14 April 2020. Kapal ini melepaskan tembakan peringatan ke sejumlah kapal Garda Revolusioner Iran yang melintas terlalu dekat baru-baru ini di Teluk Persia. (Sumber: Spc. Cody Rich/U.S. Army via AP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Tito Dirhantoro

DUBAI, KOMPAS.TV – Sebuah kapal perang Amerika Serikat (AS) melepaskan beberapa kali tembakan peringatan saat sejumlah kapal Garda Revolusioner paramiliter Iran melintas terlalu dekat dengan kapal patroli tersebut di Teluk Persia. Aksi ini merupakan tembakan peringatan pertama dalam 4 tahun terakhir.

Pada Rabu (28/4/2021), Angkatan Laut AS merilis video rekaman pertemuan menegangkan yang terjadi pada Senin malam (26/4/2021) di perairan internasional bagian utara Teluk Persia dekat Kuwait, Iran, Irak dan Arab Saudi.

Dalam rekaman tersebut, tampak cahaya di kejauhan dan terdengar sebuah tembakan. Sementara itu, Iran tidak segera mengakui insiden tersebut.

Baca Juga: Iran Ancam Beri Israel Pelajaran Meski Tak Ungkap Pelaku Penyerangan Kapal Tanker

Melansir The Associated Press, pihak Angkatan Laut AS menyatakan, kapal patroli kelas Cyclone USS Firebolt melepaskan sejumlah tembakan peringatan setelah tiga kapal serangan cepat Garda Revolusioner menghampiri hingga hanya berjarak 62 meter dari USS Firebolt dan kapal patroli Penjaga Pantai AS USCGC Baranoff.

“Kru kapal AS mengeluarkan beragam peringatan melalui radio dan pengeras suara, namun kapal-kapal Garda terus melanjutkan manuver jarak dekat mereka,” kata Komodor Rebecca Rebarich, juru bicara Armada ke-5 Angkatan Laut AS yang berbasis di Timur Tengah.

“Awak kapal Firebolt lalu melepaskan sejumlah tembakan peringatan, dan kapal-kapal Garda menjauh ke jarak yang aman dari kapal-kapal AS.”

Baca Juga: Kapal Tanker Minyak Iran Diserang Drone di Laut Suriah, Tiga Orang Tewas

Ia meminta agar Garda beroperasi dengan memperhatikan keselamatan semua kapal sesuai yang dipersyaratkan dalam hukum internasional.

“Pasukan AL AS tetap bersikap waspada dan dilatih untuk bertindak secara profesional, sementara perwira komando kami mempertahankan hak yang melekat untuk bertindak dalam membela diri,” katanya.

Teluk Persia dan negara-negara di sekitarnya. (Sumber: worldatlas.com)

Kali terakhir sebuah kapal Angkatan Laut AS melepaskan tembakan peringatan di Teluk Persia dalam sebuah insiden yang melibatkan Iran, terjadi pada Juli 2017.

Saat itu, kapal USS Thunderbolt, kapal saudari Firebolt, melepaskan tembakan peringatan kepada sebuah kapal Garda.

Regulasi yang dikeluarkan tahun lalu memberi wewenang pada para komandan AL untuk mengambil "tindakan membela diri yang sah" melawan kapal-kapal di Timur Tengah yang datang dalam jarak hingga 100 meter dari kapal perang mereka.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x