Kompas TV video sinau

Yuk, Coba Metode Kakebo untuk Menabung ala Orang Jepang

Kompas.tv - 28 April 2021, 20:39 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Menabung adalah salah satu cara terbaik dalam pengelolaan keuangan. Meski begitu, tak sedikit yang gagal meski sudah berencana untuk menabung.

Pengeluaran untuk kebutuhan setiap bulan dan keperluan tidak terduga, kerap jadi penyebab gagal menabung.

Mungkin, cara menabung atau tips menabung yang banyak dijalankan oleh orang Jepang sejak zaman dulu ini patut dicoba. Praktik ini juga bisa digunakan sebagai tips menabung untuk pelajar.

Adalah “Kakebo”, metode menabung yang sudah dipopulerkan di Jepang sejak 1904 dan masih bertahan hingga saat ini.

Tujuan Kakebo yakni mengontrol pengeluaran seminimal mungkin, mencatat setiap pengeluaran dengan cermat, dan mengevaluasi pengeluaran setiap minggunya.

Bagaimana caranya?

Setiap awal bulan, catat pemasukan atau uang yang dialokasikan untuk satu bulan.

Dalam praktik Kakebo, jenis pengeluaran dibagi dalam empat kategori. Yang pertama, survival (biaya sekolah, makan, transportasi, kesehatan, kebutuhan pokok lain).

Kemudian ada kategori opsional (belanja & makan di luar), kategori hiburan, dan kategori pengeluaran ekstra yaitu pengeluaran tak terduga.

Catat berapa uang yang tersedia dan berapa yang akan ditabung. Semua itu harus ditulis di awal bulan agar mudah dalam pencatatan dan mengoreksinya.

Kemudian, jangan lupa untuk menulis detail semua pengeluaran untuk pembayaran yang dilakukan setiap harinya.

Lakukan evaluasi setiap minggu, untuk melihat sejauh mana uang yang sudah dikeluarkan benar-benar dipakai sesuai peruntukan yang direncanakan.

Selain itu, ada baiknya menyimpan struk belanjaan karena akan membantu jika suatu hari lupa.

Dengan mencatat pengeluaran, manfaat yang didapatkan yaitu membantu mengatur keuangan, menghindari masalah darurat, serta termotivasi mencapai sesuatu yang sudah lama ingin dicapai.(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.