Kompas TV video sinau

Bagaimana Kondisi di Kapal Selam Saat Terjadi Blackout?

Kompas.tv - 28 April 2021, 18:15 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan utara Bali ditemukan di kedalaman 838 meter dengan kondisi kapal terbelah menjadi 3 bagian.

Upaya evakuasi badan kapal terus dilakukan, termasuk penyelidikan terkait penyebab tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402.

Salah satu dugaan yang sempat menjadi perhatian dalam proses pencarian adalah kapal yang mengalami kondisi blackout. Sebenarnya, bagaimana kondisi kapal selam saat terjadi blackout?

Danseskoal Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto menceritakan pengalaman blackout saat menjadi awak KRI Nanggala 402.

Blackout adalah sebuah kondisi ketika tegangan listrik di kapal hilang atau mati listrik, sehingga hanya lampu emergency yang menyala di dalamnya.

Dalam kondisi blackout, bagian belakang atau buritan kapal turun sampai kemiringan 45 derajat atau lebih, dan kapal akan merosot ke dasar laut sampai dengan 90 meter dengan waktu tidak sampai 10 detik.

Danseskoal Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto juga menyatakan, saat itu seluruh awak kapal diminta bergerak menuju haluan atau bagian depan kapal.

Masalah tersebut akhirnya diatasi setelah kepala kamar mesin (KKM) yang saat itu bertugas menghembuskan tangki pemberat pokok dan tangki tahan tekan sehingga kapal selam bergerak naik.

Kondisi blackout dalam kapal selam bisa disebabkan beragam faktor, namun saat itu Danseskoal Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto menyatakan ada bagian fuse atau sekring di kapal yang putus.

"Apa masalahnya? Ada satu fuse yang putus, padahal kita enggak tahu fuse itu di mana. Tapi karena kecanggihan KKM pada saat itu, langsung bisa ketahuan langsung bisa diperbaiki. Alhamdulillah saat itu," ungkapnya dalam konferensi pers, Selasa (27/4/2021).

Hingga kini, skenario evakuasi KRI Nanggala 402 masih terus diupayakan. Pemerintah Indonesia akan bekerja sama dengan International Sub Marine Rescue and Liaison Office (ISMERLO) untuk proses pengangkatan badan kapal selam KRI Nanggala 402.(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x