Kompas TV video cerita indonesia

Presiden Jokowi Lantik 2 Menteri, Nadiem Makarim dan Bahlil Lahadalia

Kompas.tv - 28 April 2021, 17:15 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo resmi melantik Nadiem Makarim dan Bahlil Lahadalia sebagai menteri dengan nomenklatur baru di Kabinet Indonesia Maju.

Nadiem Makarim dilantik sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek). Sementara Bahlil Lahadalia dilantik sebagai Menteri Investasi.

Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (28/4/2021). Prosesi pelantikan diawali dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya serta pembacaan keputusan presiden.

Prosesi dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Sebelum menjadi Mendikbud-Ristek, Nadiem menjabat Mendikbud. Dengan dilantiknya Nadiem, maka resmi  Kemenristek dibubarkan dan melebur ke Kemendikbud-Ristek.

Sedangkan Bahlil sebelumnya menjabat Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Pembentukan Kementerian Investasi dan Kemendikbud-Ristek ini sudah disetujui oleh DPR.

Di samping Nadiem dan Bahlil, Jokowi melantik Laksana Tri Handoko sebagai Kepala BRIN. Laksana Tri Handoko sebelumnya merupakan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Video editor: Febi

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta KKB Ditangani Tegas Tanpa Mengabaikan HAM



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x