Kompas TV regional berita daerah

Umat Hindu Jaga Masjid dan Lingkungan Saat Sholat Tarawih

Kompas.tv - 28 April 2021, 14:55 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Selalu menyejukan jika melihat keberagaman umat beragama masih terjaga dengan baik hingga saat ini.

Seperti yang diperlihatkan para pecalang umat hindu di Bandar Lampung yang membantu mengamankan lingkungan masjid serta rumah warga yang sedang melaksanakan ibadah salat tarawih.

Mereka tergabung dalam kelompok masyarakat bernama Bantuan Komunikasi Sosial (Bankomsos), yang telah terbentuk sejak beberapa tahun silam.

Tak canggung, para pecalang berkeliling dari rumah satu ke rumah warga lainnya untuk memastikan rumah penduduk aman dari kejahatan pencurian.

Baca Juga: Perayaan Hari Raya Kuningan di Tengah Pandemi dengan Protokol Kesehatan

Saat ibadah salat tarawih mereka juga berjaga di sekitar masjid untuk mengatur dan mengamankan kendaraan yang terparkir.

Tak lupa untuk saling mengingatkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan agar tetap aman dan mencegah penyebaran virus korona saat melangsungkan ibadah.

Sikap toleransi serupa juga dilakukan masyarakat di Kelurahan Labuhan Dalam, Kecamatan Tanjung Senang, Bandar Lampung pada setiap peringatan hari-hari besar keagamaan.

Tradisi semacam ini harapannya menjadi pesan baik yang bisa dicontoh seluruh masyarakat betapa indahnya berdamai dengan perbedaan.

#PecalangUmatHindu #SalatTarawih #Ramadan1442H



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x