Kompas TV nasional peristiwa

Polisi Akan Jerat Penyebar Ajakan Jakmania Berkerumun dengan UU ITE

Kompas.tv - 28 April 2021, 14:08 WIB
polisi-akan-jerat-penyebar-ajakan-jakmania-berkerumun-dengan-uu-ite
Pada Minggu (25/4/2021) malam, para pendukung klub sepakbola Persija memadati Jalan MH Thamrin ke arah Bundaran Hotel Indonesia untuk merayakan kemenangan Persija di final Piala Menpora 2021.(KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO (Sumber: -)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Polda Metro Jaya mengatakan, masih mendalami 4 akun media sosial yang disinyalir melakukan ajakan berkerumunan di Bundaran Hotel Indonesia.

Hal tersebut dikemukakan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus terkait kerumunan Jakmania pasca-kemenangan Persija melawan Persib pada Minggu (25/4/2021).

“Kami masih melakukan pendalaman, karena ada empat yang kita periksa menyangkut masalah ajakan-ajakan melalui dunia maya,” kata Yusri Yunus.

Baca Juga: Buat Kerumunan di Bundaran HI, Jakmania Minta Maaf Kepada Seluruh Warga DKI Jakarta

“Ada indikasi dugaan ajakan melalui dunia maya, ada empat yang kita lakukan pendalaman,” sambungnya.

Dari empat yang tengah didalami, Yusri Yunus mengatakan pihaknya akan menetapkan tersangka kerumunan Jakmania di Bundaran Hotel Indonesia. Yusri menambahkan, pasal yang digunakan bagi penyebar ajakan berkerumunan adalah Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

“Kita akan mengerucut nanti siapa yang masif masuk ke unsur tersangka dalam UU ITE. Ini kan nanti akan digelarkan lagi,” ujarnya.

“Kita patroli, cek terus, juga dari hasil keterangan saksi 4 orang, nanti akan naik terus ke atas. Kalau memenuhi unsur akan kita lakukan penindakan sesuai prosedur UU ITE,” tambahnya.

Baca Juga: Besok, Polisi Periksa Ketua The Jakmania Soal Kerumunan di Bundaran HI

Terpisah, Jakmania sampaikan permohonan maaf atas kerumunan yang terjadi di Bundaran Hotel Indonesia pasca-kemenangan Persija untuk Piala Menpora.

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua 1 Jakmania, M Aditya Putra sesaat sebelum memenuhi agenda pemeriksaan polisi yang dijadwalkan hari ini.

“Kita ada koordinasi dengan Reskrim terkait kerumunan di minggu malam. Pertama, kami ingin minta maaf atas keresahan kepada seluruh warga DKI Jakarta,” kata M Aditya Putra.

Baca Juga: Masih Pandemi Covid-19, Wagub DKI Sesalkan Aksi Jakmania Berkerumun

Dalam penjelasannya, M Aditya Putra mengatakan pihaknya sudah mengimbau kepada supporter Persija agar melihat pertandingan Persija melawan Persib dari rumah saja. Mengingat, sambung M Aditya Putra, situasi saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Kami sudah mengimbau kepada semua anggota selama Piala Menpora bahwa nonton di rumah saja karna masih pandemi dan kita harus terapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga: Polisi Tangkap 65 Jakmania usai Konvoi Perayaan Piala Menpora di Bundaran HI

Tapi fakta di lapangan, supporter Persija atau Jakmania turun ke jalan dan berkerumun di Bundaran Hotel Indonesia. Menyikapi fakta tersebut, M Aditya Putra, mengaku akan koorperatif dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh Polisi.

“Kami siap koperatif dengan Kepolisian dan semoga pertemuan ini akan menghasilkan nilai positif bagi warga Jakarta,” katanya.

“Sekali lagi mohon maaf dari Jakmania atas keresahannya,” tambah M Aditya Putra.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x