Kompas TV internasional kompas dunia

110 Makam Dari Berbagai Era Kuno Ditemukan di Daqahilia, Mesir

Kompas.tv - 28 April 2021, 13:43 WIB
110-makam-dari-berbagai-era-kuno-ditemukan-di-daqahilia-mesir
Foto yang diabadikan pada 27 April 2021 ini menunjukkan kerangka manusia yang ditemukan dari sebuah makam di Provinsi Daqahilia di Delta Sungai Nil, Mesir. (Sumber: Xinhua/Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

KAIRO, KOMPAS.TV - Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir mengungkap temuan 110 makam dari berbagai era dalam suatu misi arkeologi di Provinsi Daqahilia di Delta Sungai Nil. Dalam sebuah pernyataan tertulis pada Selasa (27/04/2021), temuan tersebut menggambarkan tiga peradaban di daerah itu.

"Penemuan tersebut merupakan tambahan yang penting bagi pengetahuan kita tentang sejarah Mesir kuno karena meliputi potongan-potongan dari tiga peradaban," kata Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderal Dewan Kepurbakalaan Tertinggi Mesir.

Baca Juga: Arkeolog Temukan Kota Emas di Mesir Berusia 3.000 Tahun, Disamakan dengan Pompeii

Foto yang diabadikan pada 27 April 2021 ini menunjukkan situs arkeologi dari 110 makam di Provinsi Daqahilia di Delta Sungai Nil, Mesir. (Sumber: Xinhua/Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir)

Menurut Waziri, tiga peradaban tersebut adalah Mesir Hilir, Naqada III, yang merupakan fase terakhir kebudayaan Naqada dari zaman prasejarah Mesir kuno dan berasal dari sekitar 3000-3200 SM, serta Periode Pertengahan Kedua yang dikenal sebagai Periode Hyksos ketika Mesir runtuh antara akhir Periode Kerajaan Tengah dan dimulainya Kerajaan Baru.

Dia menambahkan bahwa 68 makam dari peradaban Mesir Hilir ditemukan dalam bentuk oval dan berisi beberapa mumi dengan kaki menyilang yang kepalanya mengarah ke barat.

Baca Juga: Ketakutan Kutukan Firaun Iringi Pemindahan Mumi Raja dan Ratu Mesir Kuno

Foto yang diabadikan pada 27 April 2021 ini menunjukkan kerangka manusia yang ditemukan dari sebuah makam di Provinsi Daqahilia di Delta Sungai Nil, Mesir. (Sumber: Xinhua/Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir)

Adapun temuan berbagai bejana dan bahan riasan ada di 37 makam peninggalan lainnya dari Periode Hyksos.

Misi penggalian tersebut juga menemukan beberapa oven dan sisa-sisa pilar bata berlumpur, bejana tembikar, anting-anting, dan kumbang kotoran (scarab).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x