Kompas TV internasional kompas dunia

Longgarkan Pembatasan Covid-19, Warga AS yang Sudah Divaksinasi Tak Perlu Kenakan Masker Lagi

Kompas.tv - 28 April 2021, 07:36 WIB
longgarkan-pembatasan-covid-19-warga-as-yang-sudah-divaksinasi-tak-perlu-kenakan-masker-lagi
Sejumlah pejalan kaki di Philadelphia, Amerika Serikat tampak mengenakan masker. Foto diambil pada 3 Maret 2021. (Sumber: AP Photo/Matt Rourke)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

NEW YORK, KOMPAS.TV – Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) melonggarkan aturan pedoman penggunaan masker di luar ruangan pada Selasa (27/4/2021).

CDC menyebut, warga AS yang sudah divaksinasi secara lengkap tak perlu mengenakan masker lagi, kecuali jika mereka berada dalam kerumunan besar orang asing.

Dan, mereka yang belum divaksinasi pun dapat beraktivitas di luar ruangan tanpa mengenakan masker dalam  situasi tertentu.

Aturan pedoman baru ini mewakili langkah hati-hati lain yang ditempuh pemerintah AS sebagai persiapan menuju kehidupan normal dari wabah virus corona yang telah merenggut lebih dari 570.000 nyawa warga AS.   

Baca Juga: CDC AS Sebut Warga yang Sudah Vaksinasi Tak Perlu Tes Corona dan Karantina

Hampir selama sepanjang tahun lalu, CDC menganjurkan warga AS untuk mengenakan masker di luar ruangan jika mereka berjarak sekitar 2 meter dengan orang lain.

“Hari ini, saya harap, menjadi satu hari saat kita bisa mengambil langkah kembali ke keadaan normal seperti sebelumnya,” ujar Direktur CDC Dr. Rochelle Walensky seperti dikutip dari The Associated Press, Selasa (27/4/2021).

“Sepanjang tahun lalu, kami menghabiskan banyak waktu untuk menasehati rakyat AS tentang hal-hal yang tak bisa mereka lakukan. Hari ini, saya akan mengatakan beberapa hal yang bisa kalian lakukan, jika kalian divaksinasi secara penuh.”

Pelonggaran ini dilakukan seiring lebih dari separuh orang dewasa di AS – atau sekitar 140 juta orang – telah menerima setidaknya satu dosis vaksin, dan lebih dari sepertiga rakyat AS telah divaksinasi secara penuh.

Baca Juga: CDC: Dua Minggu setelah Dosis Kedua Vaksin Covid-19 Dapat Berkumpul Tanpa Masker

Walensky menyebut, keputusan ini ditempuh berkat peningkatan jumlah orang yang vaksinasi serta penurunan kasus, perawatan dan kematian akibat Covid-19.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kurang dari 10%  kasus penularan virus yang terdokumentasi, terjadi di luar ruangan.

Sejumlah ahli menggambarkan pelonggaran pedoman ini sebagai imbalan dan motivasi bagi lebih banyak orang untuk divaksinasi. Pesan serupa ini pun sempat disampaikan Presiden AS Joe Biden.

“Batas bawahnya sudah jelas: jika Anda divaksinasi, Anda bisa melakukan lebih banyak hal, lebih aman, baik di luar maupun di dalam ruangan,” ujar Biden. “Jadi bagi yang belum divaksinasi, terutama jika Anda kaum muda atau berpikiran bahwa Anda tak memerlukannya, ini jadi alasan lain yang bagus untuk divaksinasi sekarang.”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x