Kompas TV internasional kompas dunia

Sapir Berman, Wasit Sepak Bola Israel yang Nyatakan Diri sebagai Transgender

Rabu, 28 April 2021 | 06:23 WIB
sapir-berman-wasit-sepak-bola-israel-yang-nyatakan-diri-sebagai-transgender
Sapir Berman, wasit sepak bola Israel yang menyatakan diri sebagai seorang transgender di Ramat Gan, Israel, pada Selasa (27/4/2021). (Sumber: (AP Photo/Sebastian Scheiner)

RAMAT GAN, KOMPAS.TV – Seorang wasit sepak bola Israel menyatakan diri sebagai seorang transgender dan menjadi satu-satunya perempuan dalam liga papan atas olah raga di negara itu.

Sapir Berman mengumumkan pada Selasa (27/4/2021) bahwa dirinya telah menerima dukungan dari keluarganya, serikat wasit setempat dan para pejabat sepak bola Israel dan internasional.

Berman mengatakan, para pemain dan penggemar sepak bola kini sudah mulai menyebutnya sebagai seorang perempuan, bahkan ketika mereka mengeluhkan keputusannya di lapangan sepak bola.

Pada Minggu mendatang (2/5/2021), Berman akan menjadi kepala wasit pada pertandingan antara tim kelas berat Hapoel Haifa dan Beitar Yerusalem. Acara itu akan menjadi acara besar dalam hidup Berman sebagai dirinya sendiri.

Baca Juga: Madrasah Transgender Pertama di Pakistan Berjuang Terabas Sekat Sosial, Budaya, dan Tafsir Agama

“Saya selalu menganggap diri saya sebagai seorang perempuan, sejak usia muda,” ujar Berman, yang lahir dengan nama “Sagi”, pada para wartawan di Stadion Ramat Gan, markas besar Asosiasi Sepak Bola Israel, seperti dilansir dari The Associated Press.

“Saya sadar, masyarakat tidak akan menerima saya, tidak akan memihak saya, jadi selama hampir 26 tahun belakangan, saya hidup seperti ini (sebagai seorang lelaki),” bebernya.

Menurut Berman, terlibat dalam profesi yang didominasi kaum lelaki membuatnya enggan tampil sebagai dirinya sendiri di depan publik. Namun sejak sekitar 6 bulan lalu, “Saya memutuskan untuk keluar dan menunjukkan siapa diri saya, untuk diri saya sendiri, untuk jiwa saya,” ujarnya tersenyum.

Baca Juga: Cegah Nur Sajat Transgender yang Muncul di Masjidil Haram Kabur dari Malaysia, Polisi Sebar Fotonya

Para penggemar dan pemain sepak bola, kata Berman, dengan cepat beradaptasi dan kini memanggilnya dengan sebutan yang dalam bahasa Ibrani berarti perempuan, sebuah perubahan yang dilihat Berman sebagai tanda penghormatan atas keputusannya bertransisi.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:23
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19