Kompas TV nasional politik

Ridho Rahmadi, Dosen Teknik UII yang juga Menantu Amien Rais Ini Jadi Kandidat Ketum Partai Ummat

Kompas.tv - 28 April 2021, 04:59 WIB
ridho-rahmadi-dosen-teknik-uii-yang-juga-menantu-amien-rais-ini-jadi-kandidat-ketum-partai-ummat
Pendiri Partai Ummat Amien Rais memperkenalkan logo parta baru yang digagasnya, Selasa (10/11/2020). (Sumber: YouTube Amien Rais Official )
Penulis : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV- Jika tidak ada perubahan, pada Kamis (29/4/2021), Partai Ummat yang dimotori Amien Rais akan dideklarasikan.

Masih belum diketahui siapa yang menjadi ketua umum (ketum)-nya, ternyata ada nama Ridho Rahmadi, suami dari putri Amien Rais, Tasniem Fauzia Rais yang masuk dalam salah satu calon Ketum Partai Ummat.

Siapa itu Ridho Rahmadi?

Sebelum mengetahui profil dari menantu Amien Rais ini, nama Ridho Rahmadi menjadi kandidat Ketua Umum Partai Ummat dibenarkan salah satu orang penting di partai tersebut.

Baca Juga: Amien Rais Persiapan Deklarasi Partai Ummat

"Iya, benar Ridho Rahmadi jadi salah satu kandidat. Ada beberapa nama lainnya," kata Agung yang juga salah satu pendiri partai ini, Senin (26/4/2021).

Seperti dilansir dari laman resmi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyarkata, Ridho Rahmadi diketahui merupakan dosen Jurusan Teknik Informatika kampus tersebut. Pada tahun 2019 dia baru saja mendapat gelar doktor.

Ridho mendapatkan gelar doktor di Radboud University, salah satu universitas di Nijmegen, Netherlands.

Ridho disebut memulai program doktor pada tahun 2013, tidak lama setelah lulus dari program master di Johannes Kepler University dan Czech Technical University.

Di tahun 2017, Ridho melakukan visiting riset di Amerika selama 5-6 bulan dan juga kembali ke Indonesia. Ridho juga disebut mengerjakan proyek Uni-Eropa.

Setiap tahunnya, proyek ini melakukan assembly meeting bersama rekan-rekan lainnya dari 4 negara yaitu Belanda, UK, Prancis, dan Jerman.

Baca Juga: Pendiri Partai Ummat Jelaskan Soal Tudingan Amien Rais tentang Isu Masa Jabatan Jokowi 3 Periode

Melansir Kompas.com, Selasa (27/4/2021), terpilihnya nama Ridho Rahmadi sebagai salah satu kandidat pun sudah merupakan pertimbangan pihak-pihak di Majelis Syuro.

Menurut Agung Mozin, Majelis Syuro menginginkan agar calon kandidat ketua umum haruslah yang terbaik untuk partai. Salah satu kriterianya adalah tak memiliki beban politik di masa lalu.

"Nah, kemudian, kami pikir bagaimana cari orang yang tidak punya beban masa lalu. Tapi punya integritas dan moralitas yang kurang lebih bagus. Itulah yang kemudian bocor halus sebagai kandidat ketua adalah Ridho Rahmadi," ucap Agung.

Kendati demikian, Agung mengatakan masih terdapat kemungkinan munculnya nama-nama lain dalam kepengurusan partai, termasuk untuk sosok ketua umum.

Baca Juga: Amien Rais Umumkan Logo Partai Ummat, Latarnya Hitam Ada Perisai dan Bintang Emas

Hal itu, kata dia, bisa saja terjadi di menit-menit akhir menjelang deklarasi Partai Ummat. Ia bahkan menyebut dalam dua atau tiga hari ke depan nama-nama yang terpilih akan diputuskan.

"Saya enggan menyebutkan. Biar Pak Amien yang menyebutkan. Karena apa, ini sedang dibahas. Karena mungkin bisa saja, injury time ada nama lainnya," tandas dia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x