Kompas TV internasional kompas dunia

Ketika Media Asing Ikut Beritakan Video Nyanyian Sampai Jumpa dari Awak KRI Nanggala-402

Kompas.tv - 28 April 2021, 02:06 WIB
ketika-media-asing-ikut-beritakan-video-nyanyian-sampai-jumpa-dari-awak-kri-nanggala-402
Tangkapan layar akun Instragam menampilkan video yang direkam beberapa minggu lalu memperlihatkan awak KRI Nanggala-402 menyanyikan lagu Indonesia berjudul Sampai Jumpa. (Sumber: Akun Instagram @erixsoekamti)
Penulis : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV- Banyak kisah yang mengharukan mengiringi peristiwa tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 di perairan utara Bali dengan mengakibatkan 53 awak kapal gugur.

Bahkan sebuah video yang menunjukkan saat para awak kapal tersebut menyanyikan sebuah lagu saat berada di dalam kapal selam langsung viral di media sosial. Hingga sejumlah media asing pun turut memberitakannya.

Video tersebut dirilis oleh Angkatan Laut (AL) Indonesia yang diduga direkam beberapa minggu. Dalam video tersebut memperlihatkan para pelaut menyanyikan lagu Indonesia berjudul “Sampai Jumpa” yang dipopulerkan grup band Endank Soekamti.

Dikutip KompasTV, Rabu (28/4/2021), video tersebut turut diunggah oleh salah satu personel Endank Soekamti yakni Erix Soekamto pada  Minggu (25/4/2021) dalam akun Instagramnya.

Hingga berita ini ditayangkan, video itu sudah disaksikan lebih dari 1,3 juta kali. Maka tak mengherankan menjadi viral di media sosial.

Tak hanya viral di Tanah Air, ternyata rekaman video yang dibagikan itu juga diulas oleh sejumlah media internasional secara luas awal minggu ini.

Baca Juga: Komandan Nanggala-402 Unggah Video Evakuasi Kapal Selam Tenggelam: Doakan Kami Jika Muncul di Berita

Berikut ini media-media asing tersebut:

1. CBC News

Sebuah video mengharukan telah beredar menunjukkan awak kapal selam Indonesia yang tenggelam bernyanyi bahagia bersama di atas kapal mereka, lapor kantor berita Amerika Serikat CBC News.

Video itu difilmkan beberapa minggu sebelum KRI Nanggala-402 tenggelam dan menewaskan awaknya. Beberapa dari 53 kru terlihat menyanyikan "Sampai Jumpa", sebuah hit Indonesia.

Komandan kapal selam Heri Oktavian termasuk di antara mereka yang berkumpul di sekitar pelaut yang memetik gitar akustik.

"Meskipun ku tak siap untuk merindu. Ku tak siap tanpa dirimu. Kuharap terbaik untukmu,” nyanyi para awak kapal.

Mengutip juru bicara militer Indonesia Djawara Whimbo, video itu direkam sebagai perpisahan untuk komandan korps kapal selam angkatan laut yang akan keluar, yang penggantinya mengambil perannya pada awal Maret.

Militer Indonesia pada Minggu (25/4/2021) mengumumkan telah menemukan kapal itu berkeping-keping di dasar laut, sekitar 2.600 kaki di bawah permukaan.

"Kami menerima gambar bawah air yang dikonfirmasi sebagai bagian dari kapal selam, termasuk kemudi vertikal belakang, jangkar, badan tekanan luar, kemudi selam timbul dan bagian kapal lainnya," kata panglima militer Hadi Tjahjanto kepada wartawan di Bali, Minggu.

“Dengan bukti otentik ini, kami dapat menyatakan bahwa KRI Nanggala 402 telah tenggelam dan seluruh awaknya tewas,” kata Tjahjanto.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x